Generasi muda memiliki potensi besar menjadi agen perubahan menghadapi krisis iklim
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menggelar Festival Aksi Iklim Generasi Muda Indonesia sebagai upaya literasi dan ekspos program-program penyadaran iklim di berbagai lapisan masyarakat.

"Tantangannya adalah bagaimana meningkatkan pemahaman iklim dan perubahan iklim di kalangan publik, terutama generasi muda, generasi milenial, gen Z, karena mereka adalah generasi yang akan paling terpapar dampak perubahan iklim dalam satu atau dua dekade mendatang, sekaligus yang paling bertanggung jawab untuk melakukan segala tindakan dan upaya untuk menanggulanginya," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati di Jakarta, Selasa.

Tidak hanya meningkatkan pemahaman, BMKG juga mendorong aksi-aksi nyata dalam melakukan penanggulangan perubahan iklim melalui aksi mitigasi dan aksi adaptasi perubahan iklim.

Menurutnya, generasi muda memiliki potensi besar menjadi agen perubahan menghadapi krisis iklim.

Baca juga: BPBD imbau warga tak panik adanya potensi gempa megathrust di Banten
Baca juga: BMKG: Indonesia aman dari gempa di Rusia yang berskala 7 magnitudo


"Karena generasi muda ini dapat menjadi aktor utama dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, termasuk melalui sektor energi terbarukan," katanya.

Di era teknologi dan informasi saat ini, generasi muda menjadi garda depan dalam berinovasi, berkreativitas, dan berkolaborasi, baik melalui inisiatif lingkungan dan aksi iklim, maupun partisipasi mereka dalam forum internasional, regional, maupun nasional, akan dapat menjadi kontribusi nyata dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

"Tidak hanya menjadi pemimpin di masa depan, generasi muda ini juga sudah menjadi pemimpin dalam aksi iklim saat ini," kata Dwikorita Karnawati.

Oleh karena itu, BMKG bersama KLHK, ESDM dan juga kementerian/lembaga lainnya berperan aktif menghimpun kekuatan aksi kaum muda, salah satunya melalui Festival Aksi Iklim 2024.

Festival Aksi Iklim Kaum Muda Indonesia 2024 melibatkan kelompok pemuda dari berbagai daerah untuk berpartisipasi dalam aksi nyata terkait perubahan iklim dan bekerja sama dengan berbagai organisasi pemuda dan komunitas untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi dalam aksi iklim.

Melalui kegiatan ini, harapannya akan semakin mendorong inovasi dan kolaborasi generasi muda dalam upaya aksi iklim menyelamatkan bumi dan menjadi garda terdepan dalam aksi iklim.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024