Washington (ANTARA) - Amerika Serikat (AS) dan Filipina telah sepakat mengizinkan "jumlah terbatas" warga Afghanistan untuk transit di Filipina sambil menunggu persetujuan visa AS dan pengaturan penempatan mereka, kata Departemen Luar Negeri pada Senin.

"Amerika Serikat dan Filipina telah mencapai kesepakatan untuk mengizinkan sejumlah terbatas warga negara Afghanistan transit ke Filipina untuk menyelesaikan pemrosesan Visa Imigran Khusus (SIV) dan pemukiman kembali ke Amerika Serikat," demikian pernyataan tersebut.

Pemerintah AS mendukung layanan yang diperlukan bagi warga Afghanistan yang sementara proses itu dilakukan akan berada di Filipina.

Dukungan AS itu termasuk penyiapan makanan, perumahan, keamanan, layanan medis, dan transportasi untuk menyelesaikan pemrosesan visa, tambahnya.

Departemen tersebut juga menyatakan bahwa AS menghargai sejarah panjang dan positif kerja sama bilateral dengan Filipina dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Filipina atas dukungannya kepada sekutu AS, Afghanistan.

Sumber : Anadolu
Baca juga: Afghanistan ubah bekas pangkalan militer AS jadi zona ekonomi
Baca juga: Taliban rayakan satu tahun kemenangan Afghanistan atas AS
Baca juga: CNN: Pengungsi Afghanistan di AS sulit peroleh akomodasi terjangkau


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024