Dengan banyaknya pelajar yang lolos ke tingkat nasional, peluang Sumbar untuk meraih medali menjadi semakin besar
Padang (ANTARA) - Empat puluh orang pelajar SMA/MA asal Sumatera Barat (Sumbar) berhasil lolos seleksi untuk menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Jakarta.

Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Selasa, mengatakan dari segi jumlah, peserta asal Sumbar nomor tujuh terbanyak dari 38 provinsi dan satu tim luar negeri yang berhasil lolos seleksi se-Indonesia.

"Dengan banyaknya pelajar yang lolos ke tingkat nasional, peluang Sumbar untuk meraih medali menjadi semakin besar. Tidak hanya menggaet banyak medali tetapi juga bisa terpilih mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade internasional," katanya.

Mahyeldi mengatakan seleksi untuk OSN tingkat nasional itu bukan Pemprov Sumbar, tetapi oleh lembaga resmi, karena itu, dari segi kualitas, pelajar yang lolos tersebut tentu dipastikan memiliki kompetensi yang jelas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius mengatakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) direncanakan akan digelar pada 26 Agustus sampai dengan 1 September 2024 di Jakarta.

Baca juga: Kemdikbudristek: OSN bangun semangat berkarya anak muda lewat sains 
Baca juga: Anggota DPR minta Kemendikbudristek kolaborasi petakan lulusan OSN 

Terkait seleksi peserta, Barlius menyebut itu mutlak menjadi kewenangan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek. Pemerintah Daerah hanya terlibat dalam segi pembinaan.

"Daerah tidak bisa serta merta mengutus perwakilannya. Sebab, untuk bisa menjadi peserta, para calon mesti lulus dulu tes dengan passing grate tertentu yang ditetapkan oleh lembaga yang ditunjuk Kemendikbudristek," jelasnya.

Barlius mengaku untuk penguatan bagi peserta, pihaknya telah melakukan pembinaan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah sampai tingkat provinsi. Teranyar pihaknya mengundang pelatih OSN Nasional.

"Kita sangat serius untuk OSN 2024 ini, untuk pembinaan bagi para peserta asal Sumbar, kita mendatangkan pelatih nasional, isinya mantan juara olimpiade nasional dan internasional," ujarnya.

Adapun bidang akademik yang nantinya akan diperlombakan dalam ajang OSN antara lain, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, Astranomi, informatika, Geografi, dan Ekonomi.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024