Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengatakan penambahan personel baru pada jabatan Wamenkominfo merupakan langkah penting untuk mengebut penyelesaian program-program prioritas dari Kabinet Indonesia Maju (KIM) khususnya di bidang digitalisasi.

"Karena tinggal ada dua bulan lagi, jadi ini semua harus di-speed up," kata Nezar ditemui di Jakarta, Selasa.

Agar dapat menyukseskan percepatan program-program prioritas itu, Nezar mengatakan Kementerian Kominfo menggelar rapat pimpinan secara khusus di kantornya pada hari ini.

Rapat itu membahas detail-detail pembagian tugas antara dirinya dan Wamenkominfo yang baru dilantik Angga Raka Prabowo.

Baca juga: Menkominfo ungkap alasan penambahan posisi wakil menteri

Nezar mengatakan ada empat program prioritas di sektor digitalisasi yang harus dituntaskan untuk menyiapkan transisi yang mulus kepada kabinet pemerintahan selanjutnya dengan yang pertama ialah penuntasan arsitektur dan rancangan regulasi mengenai perlindungan data pribadi; kedua, tentang pemberantasan perjudian daring.

Lalu yang ketiga ialah penyelesaian arsitektur perencanaan mengenai data nasional, dan keempat tentang regulasi dan tata kelola mengenai kecerdasan artifisial (AI) untuk pelayanan publik.

"Jadi kerangka umumnya sudah ada, tapi detail-nya nanti. Karena kami kan mem-breakdown beberapa PR-PR ini, nanti kami bagi-bagi," kata Nezar.

Baca juga: Wamenkominfo baru tegaskan siap jalankan amanah sebaik-baiknya

Sebelumnya, setelah pelantikan jabatan pada Senin (19/8), Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Angga Raka Prabowo menyatakan dirinya siap menjalankan amanah baru dengan sebaik-baiknya.

Angga mengatakan dirinya mendapat pesan khusus dari Presiden Joko Widodo untuk membantu Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dalam mempercepat penyelesaian berbagai isu yang ditangani oleh Kementerian Kominfo.

"Pesan khusus (dari Presiden Joko Widodo) kita bantu menteri yang saat ini sedang berjalan kita percepatan dari Presiden terpilih, kita jalankan amanah dengan sebaik-baiknya, itu saja," kata Angga di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta.

Baca juga: Kilas Profil Wamenkominfo baru Angga Raka Prabowo

Pemerintah resmi menambah jumlah Wakil Menteri di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi dua orang, dengan dilantiknya Angga Raka Prabowo oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Pelantikan ini menambah struktur kepemimpinan di Kementerian Kominfo yang sebelumnya telah memiliki Wakil Menteri, yaitu Nezar Patria.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 52M Tahun 2024 tentang tentang Pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca juga: Presiden lantik Angga Raka Prabowo jadi Wamenkominfo
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024