Ankara (ANTARA) - Partai Demokrasi Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang bersiap menyelenggarakan pemilihan ketua pada 27 September untuk menentukan pengganti Perdana Menteri Fumio Kishida.

Komite pemilihan partai akan mengumumkan secara resmi penyelenggaraan tersebut pada 12 September, demikian lapor media Jepang NHK pada Selasa.

Perdana Menteri Kishida akan mengakhiri masa jabatannya selama tiga tahun pada September. Dia telah mengonfirmasi tidak akan mencalonkan diri kembali.

"Pemilihan ini akan menjadi kesempatan bagi kami untuk menunjukkan LDP yang telah reformasi," kata Kishida dalam pertemuan komite pemilihan pemimpin partai, seperti dikutip dari Kyodo News.

Kishida, telah menjabat sejak Oktober 2021, akan mengundurkan diri di tengah dugaan skandal anggaran politik dan kontroversi atas hubungan Gereja Unifikasi dengan anggota parlemen yang berkuasa.

Meskipun dia berupaya mereformasi partai, termasuk membubarkan sejumlah faksi, namun peringkat penerimaan terhadap Kishida telah merosot hingga 20 persen.

Keputusannya untuk tidak mencalonkan diri sebagai pemimpin LDP membuka jalan bagi pemimpin partai yang baru.

Sumber : Anadolu-OANA

Baca juga: Presiden Biden sebut kepemimpinan PM Kishida bersejarah

Penerjemah: Primayanti
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2024