Jakarta (ANTARA) - Vice President Pengembangan dan Komersialisasi Produk Niaga PT PLN (Persero) Rudiana Nurhadian menyampaikan bahwa kolaborasi bersama mitra strategis dapat mempercepat upaya transisi energi menuju Indonesia yang lebih bersih dan berkelanjutan.

"Salah satu upaya transisi energi yang dilakukan oleh PLN adalah memperluas ekosistem kendaraan listrik melalui penyediaan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)," kata Rudiana dalam acara peluncuran Terra Charge di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pengembangan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia sama pentingnya dengan upaya percepatan pemanfaatan kendaraan listrik oleh masyarakat.

Baca juga: Terra Charge buka layanan isi daya kendaraan listrik di Indonesia

Oleh karena itu, PLN terbuka dengan kolaborasi bersama pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama meningkatkan transisi energi melalui pemanfaatan kendaraan listrik.

Ia menegaskan, PLN siap memberikan dukungan penuh bagi mitra maupun investor, baik dalam hal penyediaan infrastruktur listrik maupun pengembangan program-program yang mendukung adopsi kendaraan listrik.

"Kolaborasi akan memberikan dampak positif yang sangat signifikan bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan semakin banyaknya infrastruktur pengisian daya, tentu masyarakat akan semakin yakin menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.

Baca juga: PLN UID Jatim meresmikan SPKLU baru bertepatan HUT Ke-79 RI

Ia menambahkan, penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan juga berdampak pada pengurangan emisi gas kaca, meningkatkan kualitas udara, serta berkontribusi pada transisi energi.

"Kami mengajak seluruh pihak untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik, guna mewujudkan sistem transportasi yang lebih bersih," katanya.

Diketahui, PLN memiliki layanan kerja sama bisnis penyediaan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik melalui skema Partnership SPKLU, dengan fleksibilitas pilihan Skema yang ada.

Baca juga: PLN luncurkan motor listrik dukung PON Aceh-Sumut

Saat ini sudah terdapat lebih 800 unit SPKLU PLN dan mitra strategis yang terintegrasi dalam Platform PLN Mobile, yang dapat diakses oleh lebih 72 juta pengguna PLN Mobile.

Adapun keuntungan yang didapatkan melalui kerja sama tersebut di antaranya: Calon Partner tidak perlu memiliki IUPTL Penjualan dan IUJPTL bidang pengoperasian untuk berbisnis SPKLU, Akselerasi percepatan bisnis SPKLU, Proses mudah berbisnis SPKLU, Platform digunakan lebih dari 72 juta pelanggan, Insentif biaya penyambungan, Media promosi dan branding dilakukan oleh PLN Group, serta Dukungan penuh dari PLN Group.

Baca juga: SPKLU di Kawasan Industri Batang ditargetkan rampung kuartal II 2025

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024