Dilihat dari kerajinannya sendiri, memang ketika COVID-19 kemarin lumayan baik, karena semua orang kerja di rumah jadi perlu home decor
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan pentingnya regenerasi perajin di sektor kerajinan untuk terus menjaga keberlangsungan, serta memacu kontribusi sektor padat karya tersebut bagi pemajuan ekonomi nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita di Jakarta, Selasa mengatakan sektor kerajinan dalam negeri terus mengalami pertumbuhan yang sangat baik di tengah kondisi krisis sekalipun.

"Dilihat dari kerajinannya sendiri, memang ketika COVID-19 kemarin lumayan baik, karena semua orang kerja di rumah jadi perlu home decor, kalau untuk kerajinan secara kontribusi tumbuh, tapi memang pekerjaan rumah kita ke depan regenerasi sebenarnya," kata dia.

Kemenperin mencatat Indonesia menguasai 1,25 persen pangsa pasar penjualan produk-produk industri kerajinan secara global. Data TradeMap.org pada September tahun 2023 menunjukkan total nilai ekspor kerajinan Indonesia ke dunia mencapai 603,956 juta dolar AS, sementara, kinerja ekspor ke negara Eropa mencapai 129,182 juta dolar AS.

Reni menyampaikan, salah satu strategi guna memacu minat generasi muda untuk menjadi perajin, dengan mengadakan kompetisi yang memberikan daya tarik tersendiri, sehingga para perajin muda bisa berkarya sesuai dengan kriteria esensi kesenian.

Seperti halnya perlombaan Astra Kriya Nusantara 2024 yang dilakukan bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang para pesertanya menggunakan teknik kerajinan sulit.

"Contoh yang juara tiga itu dari Kapuas, dia mencoba memilihnya itu dengan teknik yang mungkin kalau dibilang anyaman juga sulit," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian menggelar Creative Fest 2024 yang merupakan ajang bagi para pelaku industri kecil menengah (IKM), serta generasi muda untuk menuangkan inovasi di industri kerajinan, sehingga bisa meningkatkan dan memajukan IKM lokal.

Acara yang digelar pada 28-30 Juni di Blok M, Jakarta itu menghadirkan pameran dan bazar pelaku industri kerajinan, serta lokakarya yang bermanfaat bagi pengunjung dan masyarakat.

Baca juga: Wapres harapkan ada regenerasi industri gerabah Kasongan Bantul 
Baca juga: Perajin Bantul olah limbah kayu jadi kerajinan lukisan tiga dimensi


 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024