LKS SMK ini menjadi wujud pemerintah dalam mengembangkan potensi keterampilan siswa-siswi SMK di seluruh Indonesia
Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengatakan lomba kompetensi siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional ke-32 di Lampung menjadi wujud mengembangkan potensi dan keterampilan siswa SMK.
 
"LKS SMK ini menjadi wujud pemerintah dalam mengembangkan potensi keterampilan siswa-siswi SMK di seluruh Indonesia, untuk menjadi sumber daya manusia yang unggul menuju visi misi Indonesia Emas 2045," ujar Suharti dalam pembukaan LKS SMK nasional ke-32 di Bandarlampung, Selasa.
 
Ia mengatakan melalui kegiatan perlombaan siswa sekolah menengah kejuruan tingkat nasional tersebut siswa-siswi bisa belajar, memperkaya keterampilan, menambah ide, inovasi dan saling bekerjasama untuk menambah bekal saat memasuki dunia kerja.
 
"Dengan keahlian yang dimiliki tentu dapat menjadi peluang besar untuk di masa depan. Jadi ini tidak hanya sekadar lomba untuk meraih kemenangan tetapi sebagai upaya mengembangkan diri, belajar dari pengalaman dan yang utama adalah belajar sportif serta rendah hati," katanya.

Baca juga: Kemendikbud targetkan kirim 20.000 orang magang ke luar negeri
 
Dia menjelaskan melalui kegiatan LKS SMK nasional siswa-siswi SMK pun bisa memiliki peluang untuk mengembangkan diri ikut dalam kompetisi tingkat dunia, sekaligus dapat langsung dijembatani agar bisa masuk ke dunia kerja dengan adanya kerja sama bersama mitra.
 
"Di sini juga karena kami bekerjasama dengan industri, jadi kami juga membantu mencari talenta-talenta untuk mengembangkan industri mereka. Anak-anak yang berprestasi bisa ditingkatkan kemampuannya melalui beasiswa yang disediakan oleh mitra," ucap dia.
 
Menurut dia, adanya LKS SMK juga diharapkan bisa meningkatkan geliat ekonomi di Provinsi Lampung.
 
"Kami harapkan tidak hanya kemenangan yang diraih tetapi gerak ekonomi di Lampung juga bertumbuh karena ribuan yang hadir bisa berbelanja di sini. Bahkan kemarin sampai ada empat penerbangan tambahan dari Jakarta ke Lampung. Mudah-mudahan ini memberi manfaat kepada Provinsi Lampung serta pastinya untuk memberi semangat anak SMK di Lampung yang ada di 499 sekolah SMK untuk terus berkarya," tambahnya.

Baca juga: Disdikbud Lampung: LKS SMK tingkat nasional akan diikuti 1.047 siswa
Baca juga: Jatim Juara Umum LKS SMK Nasional XXXI 2023

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024