Jakarta (ANTARA) - Forum Masyarakat Jakarta (Formaja)  menyebutkan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) merupakan salah satu media yang paling dipercaya masyarakat dan berhasil membantu pemerintah dalam mencegah berita bohong (hoaks).

"TVRI sebagai salah satu lembaga penyiaran yang dipercaya publik berhasil membantu pemerintah dalam mencegah hoaks," kata Ketua Formaja Hadits A dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hadits juga menyebutkan masyarakat Jakarta pun memberikan apresiasi tinggi kepada TVRI.

"Karena, kami masyarakat Jakarta sangat merasakan manfaat layanan informasi publik yang ditayangkan TVRI melalui program-programnya. Baik dalam pencegahan hoaks maupun lainnya," katanya.

Hadits juga menyebutkan meski banyak televisi swasta, banyak warga Jakarta yang setia dan tetap menantikan program-program atau tayangan TVRI yang banyak memberikan edukasi ke publik.

Baca juga: Kominfo beri insentif izin penyiaran di daerah 3T

Dia juga berharap TVRI tetap menjadi televisi pemersatu bangsa dan menyajikan program-program terbaiknya yang dirasakan masyarakat.

"Banyak masyarakat di daerah sangat membutuhkan informasi baik berita-berita maupun tayangan menghibur lainnya," katanya.

Menurut pengamat kebijakan publik, Abdul Hamim Jauzie, TVRI perlu mengembangkan kebijakan strategis yang menempatkannya sebagai media penyiaran berbasis digital.

"LPP TVRI perlu mengembangkan kebijakan strategis berbasis digital. Karena TVRI merupakan salah satu media yang paling dipercaya masyarakat Indonesia dan harus mengikuti dinamika di era berbasis penyiaran digital," katanya.

Baca juga: Presiden teken Perpres Tukin Pegawai TVRI maksimal Rp24,9 juta/bulan

Hamim menjelaskan sebagai media edukasi dalam memberikan pelayanan kepada publik, TVRI sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di daerah-daerah.

"Masyarakat Jakarta pun, saat ini, masih banyak menantikan dan menonton program-program TVRI yang berisi edukasi dan memberikan layanan informasi ke publik," katanya.

Di era sekarang, kata dia, TVRI mengalami banyak kemajuan di semua lini, baik dari sisi sarana dan prasarana maupun program-programnya.

Sebagai informasi, menurut sebuah laporan yang dikeluarkan Reuters Institute for the Study of Journalism dan Universitas Oxford pada tahun 2021, TVRI merupakan salah satu media yang paling dipercaya masyarakat Indonesia. Yakni dengan skor kepercayaan mencapai 66 persen.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024