Depok (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) Jurusan Ilmu Komputer angkatan 2021 berhasil meraih medali perak pada Kompetisi Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2024 kategori Big Data Challenge.

Mahasiswa UI itu yakni Eduardus Tjitrahardja, Ikhlasul Akmal Hanif, dan Rahmat Bryan Naufal.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam keterangannya, di Depok, Selasa, mengatakan keberhasilan tim UI dalam meraih medali perak dan penghargaan di bidang The Most Scalable Algorithm adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras mereka.

"Terima kasih kepada para pembimbing. Ini merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan tim UI dan menunjukkan komitmen kuat dalam memajukan penelitian dan pengembangan di bidang data sains," ujar Ari.

Mereka mempresentasikan makalah dengan judul "Analisis Kampanye Pemilu 2024 Menggunakan Jaringan Lexical Mutations, Stance Public, dan Kecenderungan Civility di Media Sosial".

Karya ini mengkaji tentang pemantauan sentimen publik dan kecenderungan perbincangan di media sosial dalam kampanye Pemilu 2024.

Baca juga: Mahasiswa UI juara pertama lomba paduan suara tingkat nasional

Selain pencapaian tersebut, UI juga memperoleh penghargaan dalam kategori The Most Scalable Algorithm, yang diraih oleh Rifqi Hafizudin dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI Jurusan Statistika angkatan 2021.

Rifqi meraih penghargaan tersebut melalui makalah berjudul "Analisis Tweet Pemilu 2024: Pendekatan Sentimen Analisis dalam Memahami Persepsi dan Dinamika Pemilihan Presiden."

Para peserta dari UI mendapatkan bimbingan intensif dari dosen-dosen yang berpengalaman di Bidang Big Data Fasilkom UI, antara lain Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D., Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D., Ari Wibisono, M.Kom., Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, dan Muhammad Hafizhuddin Hilman, Ph.D.

Bimbingan ini merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan tim Universitas Indonesia, dan menunjukkan komitmen kuat dalam memajukan penelitian dan pengembangan di bidang data sains.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc menambahkan, pencapaian ini menegaskan kualitas dan kemampuan mahasiswa UI dalam merancang algoritma yang dapat diadaptasi untuk berbagai skenario Big Data.

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan gim "Lodaya Conquest" untuk lestarikan budaya

"Terima kasih banyak untuk semua tim dan juga para dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya dalam kegiatan ini," ujarnya.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini berlangsung di Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat, dan menghadirkan sebanyak 120 peserta dari perguruan tinggi se-Indonesia.

Kompetisi Satria Data 2024 merupakan platform yang penting bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan mereka dalam analisis Big Data.

Melalui kompetisi ini mereka tidak hanya berkesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka, tetapi juga untuk berinteraksi dan belajar dari sesama mahasiswa dan profesional di bidangnya.

Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi UI yang menunjukkan bahwa kualitas penelitian dan inovasi yang dilakukan di kampus UI semakin diperhitungkan di tingkat nasional.

Baca juga: Mahasiswa UI raih penghargaan pada Forum Farmasi se-Asia Pasifik

Tim Pembimbing Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D mengatakan bahwa dengan pencapaian ini diharapkan akan semakin banyak mahasiswa yang terinspirasi untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka dalam bidang ilmu data dan teknologi.


Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024