Kabupaten Tangerang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) menggelar konsolidasi nasional penetapan dukungan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah jelang Pilkada 2024 di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Selasa.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam jumpa pers di Tangerang, mengatakan pihaknya menghadirkan seluruh kader partai se-nasional dalam konsolidasi ini.

Setidaknya ada dua agenda penting dalam kegiatan ini, yakni pemberian Surat Keputusan (SK) Model B1 KWK terhadap bakal calon yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah serentak serta penyerapan aspirasi.

"Ini dilakukan sebagai proses penyerapan aspirasi dari seluruh kader dengan sistem bottom up atau yang berarti calon kepala daerah diharapkan bisa berkomunikasi dengan DPD PKS," katanya.

Baca juga: PKS resmi usung Bobby Nasution pada Pilkada Sumatera Utara

Baca juga: PKS se-Jatim siap "all out" menangkan Khofifah-Emil


Ia menyebutkan semua calon yang akan diusung dalam pilkada bisa dipastikan sudah melalui proses bottom up dari stuktur yang ada di bawah.

"DPP PKS sudah membentuk tim internal dan independen sebagai penilai para calon kepala daerah yang layak untuk diusung," ungkapnya.

Ia menegaskan segenap kader dan keluarga besar PKS berkomitmen untuk habis-habisan memenangkan calon-calon kepala daerah yang mendapat dukungan dari pihaknya.

"Saya juga menegaskan kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di seluruh Indonesia agar proses tahapan Pilkada 2024 ini dapat berjalan secara demokratis, aman, damai, dan lancar," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi menambahkan partainya memberikan formulir persetujuan kepada 368 kepada calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota di seluruh Indonesia.

Rinciannya adalah persetujuan dukungan D untuk calon gubernur sebanyak 31 KWK, kemudian B persetujuan dukungan calon bupati sebanyak 272 KWK, dan 65 KWK persetujuan calon wali kota.

Menurut dia konsolidasi ini untuk memastikan kelancaran pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024 serta memastikan pemenangan calon kepala daerah yang diusung PKS.


​​"Calon kepala daerah nantinya agar bisa bekerja sebaik mungkin untuk menyejahterakan rakyat di daerah masing-masing," pungkas dia.

Berdasarkan pantauan di lokasi acara Konsolidasi Nasional bersama Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang digelar di ICE BSD, Tangerang ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pejabat serta pengurus PKS se-Indonesia.

Acara tersebut juga bakal dihadiri oleh bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah secara nasional diselenggarakan pada 27 November 2024. KPU juga telah menjadwalkan masa pendaftaran calon kepala daerah itu mulai 27-29 Agustus.

​​​​​​​Baca juga: MK ubah ambang batas pencalonan calon kepala daerah

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024