Makassar (ANTARA) - Pemakalah dari 15 negara siap mengikuti konferensi internasional yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bekerja sama dengan College of Political Science & Public Administration (CPSPA) Polytechnic University of the Phlippines.

Wakil Dekan I FISIP Unismuh Dr Andi Luhur Prianto SIP MSi, di Makassar, Selasa, mengatakan konferensi ini akan membahas 85 makalah dari 120 makalah yang masuk ke panitia di Makassar, 23-24 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, konferensi bertajuk International Conference on Sustainablity and Democratic Governance (ICOSDEG) ini diikuti peserta dari 15 negara, di antaranya Filipina, India, Afrika Selatan, Australia, Hungaria, Pakistan, Nigeria, Botswana, Selandia Baru, Irlandia, dan Indonesia.

Khusus peserta konferensi dari Indonesia, kata dia, di antaranya berasal dari sejumlah kampus; seperti Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Riau, Universitas Palangka Raya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Ngurah Rai, Universitas Surabaya, UMY, UMSU, Unswim Nabire serta PTN/PTKIN dan PTS lainnya.

Baca juga: Unismuh raih hibah internasional kolaborasi Indonesia-Jerman

"Konferensi internasional kali ini sekaligus dirangkaikan dengan Workshop Journal Publishing serta pendampingan penulisan pascakonferensi. Makalah peserta didampingi pada seleksi manuskrip sampai layak terbit," ujarnya.

Ia mengatakan, publikasi luaran konferensi ini diarahkan pada jurnal Frontiers in Politics (Scopus Q1) dan Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan (Web of Science/Sinta 2), jurnal yang dikelola FISIP Unismuh, dan beberapa jurnal Sinta 2 lainnya terkait dengan tema konferensi.

Selama konferensi akan ada pameran buku hasil karya para dosen FISIP Unismuh Makassar serta ada poster ringkasan makalah para peserta yang dipresentasikan selama konferensi.

Baca juga: Unismuh tuan rumah lokakarya kelola jurnal ilmiah Kemendikbudristek

Direncanakan para peserta yang ikut konferensi secara luring akan dibawa berwisata ke lokasi objek wisata Rammang Rammang di Maros dan beberapa lokasi di Kota Makassar.

Di tempat terpisah Dekan FISIP Unismuh Makassar Dr Ihyani Malik menambahkan, konferensi internasional ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan kerja sama sebelumnya antara Unismuh Makassar dengan CPSPA Polytechnic University of the Phlippines.

Sejak awal rencana konferensi ini mendapat dukungan dari pimpinan universitas, LPBKUI, dan LP3M serta Kemendikbud lewat Hibah BKII Batch-2 2024.

Baca juga: Unismuh Makassar loloskan 11 proposal bisnis P2MW Kemendikbudristek

"Konferensi internasional ini secara reguler dilaksanakan FISIP Unismuh Makassar dan menjadi salah satu agenda mempercepat pencapaian internasionalisasi dalam Visi Unismuh Makassar 2024," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024