Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar bazar untuk memperingati HUT Ke-79 RI dan HUT Ke-79 Kemendagri.

"Bazar Semarak Kemerdekaan menjadi sarana pendukung untuk memperkenalkan dan mempromosikan inovasi UMKM kepada masyarakat, menggerakkan roda perekonomian, serta pemberdayaan UMKM,” kata Pelaksana Tugas Ketua Antar Waktu Dharma Wanita Persatuan Kemendagri Niken Tomsi Tohir dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pada kesempatan itu, ia menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan UMKM yang inovatif dan trendi tanpa meninggalkan ciri khas budaya Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia Penanggungjawab Bazar Tahun 2024, Mey Rany Wahida Utami mengatakan bahwa bazar diadakan pada 19-21 Agustus di Lapangan Parkir Kantor Tim Penggerak PKK Pusat Ditjen Bina Pemerintahan Desa.

Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM binaan DWP masing-masing komponen, dan UMKM masyarakat sekitar yang dirangkaikan dengan sesi gelar wicara edukasi kesehatan dan kecantikan, serta layanan kependudukan oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang terbuka untuk untuk umum.

Mey menjelaskan bahwa acara tersebut terselenggara atas kolaborasi bersama dengan Ditjen Bina Adwil, KOPRI Kemendagri Ditjen Bina Pemdes, dan Ditjen dukcapil, KORPRI Kemendagri dengan tagline “Bahagia Bareng KORPRI Kemendagri" serta didukung oleh sejumlah pihak swasta.

Baca juga: Plt. Sekjen pimpin Upacara HUT Ke-79 RI di lingkungan Kemendagri-BNPP
Baca juga: Kemendagri minta pemda perhatikan kenaikan harga jelang HUT Ke-79 RI
Baca juga: Mendagri keluarkan edaran pedoman teknis peringatan HUT RI

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024