Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan UPZ Yayasan Amaliah Astra dan DKM Masjid Raya Al Insan menyelenggarakan pelatihan teknisi pendingin udara (AC) gelombang ke-62 untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi penerima zakat (mustahik) yang diikuti 30 peserta.

"Pelatihan perbaikan dan perawatan AC bagi mustahik ini, termasuk pemuda belum memiliki pekerjaan, menjadi langkah tepat untuk mengasah keterampilan yang bersertifikasi dan membuka peluang kerja baru, sekaligus menyediakan kebutuhan masyarakat akan teknisi AC yang andal," kata Deputi II Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat melalui keterangan di Jakarta, Selasa.
 
Imdadun menjelaskan program ini termasuk dalam kategori pemberdayaan ekonomi dalam bidang pelatihan vokasi berupa pelatihan teknisi AC yang difokuskan pada pelatihan, perbaikan, pemasangan, dan perawatan yang berlangsung selama delapan hari.

Baca juga: Baznas bantu 2.000 mustahik di Indonesia lewat paket usaha ZChicken
 
Ia menyebut program pelatihan teknisi AC merupakan salah satu ikhtiar Baznas dalam memanfaatkan dana zakat untuk membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan dan menyejahterakan mustahik.
 
"Kerja sama ini merupakan langkah strategis Baznas dalam mendukung program pemerintah mengurangi angka pengangguran, mengentaskan kemiskinan, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia," ujarnya.

Imdadun berharap para peserta pelatihan yang telah dibekali keterampilan ini akan mampu menjadi pemberi zakat atau muzaki, yang dapat berkontribusi kembali kepada masyarakat melalui zakat.

Baca juga: Lewat Balai Ternak, Baznas berdayakan peternak mustahik di Lamongan
 
"Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan berkembang di masa mendatang, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya," ucap Imdadun.
 
Sementara itu Kepala UPZ Yayasan Amaliah Astra Ganjar Gumilar sejak pertama kali dijalankan  sampai saat ini terdapat 1.508 alumni yang tersebar di beberapa kota besar di seluruh Indonesia.
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024