Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyerahkan satu unit kendaraan operasional sebagai hibah bagi pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) yang bergerak di bidang produsen sagu di Kampung Puai, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong di Jayapura, Selasa, mengatakan penyerahan tersebut dilakukan guna membantu meningkatkan hasil penjualan sagu.

“Kabupaten Jayapura di kenal dengan hasil sagu oleh karena itu kami melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Papua menyerahkan satu unit kendaraan operasional kepada Koperasi Produsen Sagu Narey Puai,” katanya.

Menurut Ramses, pihaknya berharap dengan pemberian bantuan hibah kendaraan pickup dapat meningkatkan produksi sagu khususnya pada pelaku usaha IKM di Kampung Puai.

“Bantuan tersebut berasal dari dana Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua 2024 melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian,”ujarnya.

Dia menjelaskan melalui koperasi yang merupakan binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Papua sehingga pihaknya berharap agar kendaraan yang dihibahkan kepada masyarakat ini betul- betul dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dengan begitu akan memberikan dampak positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya dan tentunya akan memberikan kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.

Dia menambahkan pemberian bantuan tersebut juga merupakan bagian dari peningkatan kompetensi para pelaku usaha IKM sehingga menjadi salah satu prioritas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kampung Puai.

“Dengan mengolah sumber daya alam khususnya sagu kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan kampung, keluarga dan pemerintah tentunya,” ujarnya.

Baca juga: Masyarakat Papua didorong kembangkan beragam makanan berbahan sagu

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024