Roswell, N.M., (ANTARA/PRNewswire)- Sceye adalah perusahaan kedirgantaraan dengan latar belakang ilmu pengetahuan material sekaligus produsen High-Altitude Platform Systems (HAPS). Hari ini Sceye mengumumkan telah menyelesaikan penerbangan diurnal penuh di stratosfer dengan tetap berada di atas wilayah operasinya. Ini adalah pencapaian penting menuju penerbangan durasi panjang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun dengan menggunakan tenaga surya selama siang hari, dan dengan kapasitas baterai yang memungkinkan penerbangan semalaman melalui pengisian ulang tenaga surya keesokan paginya. HAPS diluncurkan pada tanggal 15 Agustus jam 7.36 MST dari fasilitas Sceye di New Mexico dan mendarat jam 12.21 MST keesokan harinya setelah titik uji terbang selesai.

"Ini adalah pencapaian penting bagi tim Sceye untuk membuka berbagai peluang besar di stratosfer, membangun lapisan infrastruktur yang sama sekali baru antara drone dan satelit," kata CEO dan Pendiri Sceye, Mikkel Vestergaard Frandsen. Kemampuan bertahan di stratosfer dalam jangka waktu lama di suatu wilayah operasional memberikan sudut pandang yang unik untuk mendeteksi bencana iklim di waktu nyata seperti kebakaran hutan dan kebocoran metana serta konektivitas ke miliaran masyarakat tak terhubung yang tidak terlayani oleh infrastruktur konvensional.

Peluncuran hari ini telah memajukan semua tujuan stratosfer utama dalam program uji coba Sceye tahun 2024, termasuk demonstrasi penerbangan diurnal, relokasi terkendali, dan kemampuan untuk tetap di atas area operasional. Setelah mencapai semua tujuan ini, Sceye dapat memulai kasus penggunaan komersial.

"Penerbangan ini merupakan demonstrasi penting dari kinerja dan ketahanan platform kami. Saya tidak sabar melihat skala pertumbuhan dan kemampuannya  di setiap penerbangan berikutnya," kata Stephanie Luongo, Chief of Mission Operations di Sceye.

Sceye telah menyelesaikan dua puluh penerbangan uji coba, dua penerbangan uji coba lain rencananya dilakukan pada tahun 2024, sehingga semakin mematangkan platform ini untuk persiapan komersialisasi.

Penerbangan ini membawa rangkaian muatan canggih yang terdiri dari instrumen untuk mengatasi beberapa  masalah terpenting bagi umat manusia: kamera stereo optik, untuk membuat model elevasi yang tepat untuk memahami bencana alam seperti banjir dan gempa bumi serta cara menguranginya; kamera inframerah untuk memprediksi dan mendeteksi kebakaran hutan serta mendeteksi kebocoran metana di waktu nyata, yang merupakan dua sumber signifikan bagi pemanasan global. Muatan tersebut juga berisi radar apertur sintetis yang memungkinkan platform ini melihat menembus awan dan mengamati sistem paling vital di planet ini di segala cuaca dan waktu.

Tentang Sceye

Sceye adalah perusahaan kedirgantaraan yang didirikan pada tahun 2014 untuk membuka berbagai kemungkinan di stratosfer dengan mengangkat dan menghubungkan semua orang dan melindungi bumi kita. Sceye memimpin industri High-Altitude Platform Systems (HAPS) untuk menyediakan konektivitas universal dan merata, meningkatkan pemantauan perubahan iklim, pengelolaan sumber daya alam, deteksi kebakaran hutan, dan mendeteksi maupun menanggulangi bencana dengan lebih baik sebelum menjadi tak terkendali.

Pertanyaan Pers:
Kristian Ullum Vind

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024