Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Surabaya Paul Munster menjadikan hasil pertandingan pra-musim melawan Barito Putera sebagai salah satu bahan evaluasi untuk meladeni klub yang berbasis di Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 Indonesia.

"Iya, ada evaluasi soal itu, tapi juga evaluasi Liga 1. Sekarang lebih ke pertandingan Liga 1. Soalnya dari pertandingan persahabatan, bahkan kami, banyak perubahan. Jadi saat Liga 1 bisa lihat 100 persen strategi tim," kata Munster di Surabaya, Selasa.

Saat ini, kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro itu akan lebih membangun situasi teknis dan permainan menyerang untuk anak asuhnya.

"Sekarang kami pelan-pelan lagi (untuk) membangunnya. Latihan saat ini lebih ke situasi teknis dan menyerang," ucapnya.

Pelatih berkebangsaan Irlandia Utara itu juga tidak menampik kalau Barito juga salah satu tim kuat yang memiliki kualitas pemain baik di Liga 1 Indonesia.

"Ya, ada beberapa pemain (bagus). Setiap tim pasti punya pemain bagus. Tapi seperti yang saya katakan, kami akan melihat kekuatan dan kelemahan. Sekarang fokus penuh (Persebaya) adalah Barito," ujarnya.

Terkait nama-nama pemain yang akan diturunkan dalam laga yang digelar pada 23 Agustus 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pukul 19.00 WIB itu, dirinya masih belum bisa memastikan sebelum latihan resmi.

"Saya tidak pernah memutuskan tim yang akan bertanding di awal minggu. Selalu di akhir minggu. Pemain juga harus dievaluasi sampai akhir minggu. Biasanya setelah latihan resmi, saya sudah tahu siapa yang akan bermain. Saat ini masih terlalu dini," ujar Munster.

Termasuk, lanjutnya, pemain asing baru yakni Darryl Lachman yang belum bisa diturunkan saat melawan Malut United.

"Masih menunggu. Semoga dia segera datang (latihan). Tapi seperti yang saya katakan, saat ini saya perlu fokus pada pemain yang ada di sini," tuturnya.

Namun, dirinya bersyukur bahwa Malik Risaldi sudah bisa bergabung latihan bersama tim setelah melawan Malut United di Jakarta.

"Dia perlahan kembali sekarang dengan latihan tim. Jadi kami lihat, seperti yang saya katakan, masih ada waktu untuk mengevaluasi semua pemain dalam latihan minggu ini," ucap Munster.

Baca juga: Klasemen Liga 1 Indonesia: Tiga klub masih torehkankan hasil sempurna

Baca juga: Gol tunggal dari titik putih Bruno menangkan Persebaya atas PSS Sleman

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024