Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa politik terjadi di sepanjang Senin (19/8), dari mulai Bahlil Lahadalia menjadi calon tunggal Ketua Umum Partai Golkar hingga deklarasi majunya pasangan Ridwan Kamil dan Suswono pada Pilkada Jakarta 2024.

Berikut rangkaian berita politik yang telah dirangkum ANTARA


1. Golkar pastikan Bahlil jadi calon tunggal ketua umum pada Munas

Jakarta (ANTARA) - Partai Golkar memastikan kadernya, yakni Bahlil Lahadalia, bakal menjadi calon tunggal dalam pemilihan Ketua Umum Partai Golkar yang akan diselenggarakan pada Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar.

Ketua Pengarah Munas XI Partai Golkar Adies Kadir mengatakan selama proses pendaftaran, ada dua orang yang mendaftar, yakni Ridwan Hisyam dan Bahlil Lahadalia. Namun, dari verifikasi berkas yang dilakukan, hanya Bahlil yang dinyatakan lolos.

Baca di sini


2. Cak Imin siap dialog dengan Yenny Wahid-Wapres bahas konflik PKB-PBNU

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan siap berdialog dengan putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin untuk membahas konflik yang terjadi antara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan PKB.

"Kita berdialog dengan siapa pun. Ngopi di rumah saya, ngopi dengan siapa pun, siap," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin malam.

Baca di sini


3. Prabowo tiba di Canberra untuk temui PM Australia

Jakarta (ANTARA) - Presiden Terpilih Prabowo Subianto tiba di Canberra, Senin pukul 19.25 waktu setempat, untuk bertemu dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Wakil PM sekaligus Menteri Pertahanan Richard Marles pada Selasa (20/8).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Senin, menyampaikan Presiden Terpilih sekaligus Menteria Pertahanan Prabowo Subianto bertolak dari Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada 09.56 WIB.

Baca di sini


4. Gerindra bantah calon independen Pilkada DKI skenario dari KIM Plus

Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membantah anggapan bahwa calon independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun 2024 merupakan skenario dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

"Kalau skenario, ‘kan ini KIM Plus juga belum lama terbentuk, sementara itu calon independen daftarnya sudah lama. Kan begitu," kata Dasco ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin malam.

Baca di sini


5. RK siap buktikan keharmonisan dengan Suswono untuk memimpin Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil atau RK menyatakan siap membuktikan keharmonisan dengan bakal calon wakil gubernur Suswono untuk memimpin Jakarta.

"Saya sudah buktikan selalu kondusif, harmonis dengan wakil waktu saya wali kota, gubernur. Hal yang sama juga akan terjadi di Jakarta, Insya Allah," kata RK di Jakarta, Senin.

Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024