Jakarta (ANTARA) - Mengubah persen ke desimal mungkin terdengar rumit untuk dimengerti, tetapi sebenarnya hal itu sangat mudah jika Anda tahu caranya.

Mengubah persen menjadi desimal adalah pengetahuan yang bermanfaat dalam berbagai situasi, mulai dari menghitung diskon di toko hingga memahami laporan keuangan.

Berikut adalah cara untuk mengkonversi persen ke desimal:

Langkah 1: Pahami konversi dasar

Mengubah persen ke desimal sebenarnya hanya memerlukan satu langkah sederhana, yaitu dengan memindahkan titik desimal dua tempat ke kiri. Konsep dasar persen adalah "per seratus." Jadi, 50% berarti 50 per 100, atau 0,50 dalam desimal.

Langkah 2: Contoh praktis

Mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini untuk membuatnya lebih jelas:
  • 20%: Untuk mengubah 20% menjadi desimal, Anda hanya perlu memindahkan titik desimal dua tempat ke kiri dari 20, jadi hasilnya adalah 0,20.
  • 75%: Sama halnya dengan 75%, yang menjadi 0,75 setelah konversi.
  • 3%: Jika Anda memiliki 3%, pindahkan titik desimal dua tempat ke kiri dari 3, sehingga hasilnya adalah 0,03.

Langkah 3: Aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

Pengetahuan ini sangat berguna dalam banyak situasi.

Misalnya, jika Anda mendapatkan diskon 25% untuk barang yang ingin Anda beli seharga Rp. 80.000, Anda dapat mengubah 25% menjadi 0,25 dan mengalikan Rp. 80.000 dengan 0,25 untuk menghitung jumlah diskon, sehingga setelah dikalikan Anda bisa mengetahui bahwa Anda mendapatkan diskon sebesar Rp. 20.000.

Langkah 4: Gunakan kalkulator jika perlu

Jika Anda merasa cara manual terlalu rumit, Anda juga bisa menggunakan kalkulator untuk mengubah persen ke desimal dengan cepat. Saat ini sudah banyak tersedia kalkulator, baik yang digital maupun fisik yang memiliki fungsi untuk mengubah persen menjadi desimal.

Mengubah persen ke desimal merupakan hal sederhana dan bermanfaat apabila Anda memahami caranya.

Dengan hanya memindahkan titik desimal dua tempat ke kiri, Anda bisa dengan mudah mengubah angka persen menjadi desimal. Anda bisa terus berlatih untuk mengubah persen ke desimal hingga Anda bisa merasakan manfaatnya di berbagai situasi.

Baca juga: Mahasiswa Unhas raih "honorable mention" di IMC Bulgaria

Baca juga: FMIPA UI edukasi siswa Depok cara menyenangkan belajar matematika

Baca juga: Tingkatkan mutu pendidikan, BRI ajak guru se-Kabupaten Banyuwangi ikuti Pelatihan Numerisasi Metode Gasing

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024