Moskow (ANTARA) - Kepala Badan Perlindungan Konsumen Rusia Rospotrebnadzor, Anna Popova pada Senin mengatakan cacar jenis mpox tidak menimbulkan ancaman yang signifikan bagi Rusia sebab negara tersebut dilengkapi dengan peralatan dan infrastruktur untuk mendeteksi dan menanganinya secara efektif.

"Secara umum, bagi Rusia, ini tidak menimbulkan ancaman apa pun. Kami memiliki semua yang diperlukan untuk mendeteksi penyakit tersebut. Ekosistem kami yang bermutu tinggi, yang terbukti efisien, sudah siap digunakan," katanya saat diwawancarai media Russia, Life.

Popova menambahkan bahwa Rusia telah mengidentifikasi tiga kasus mpox impor yang semuanya langsung tertangani sehingga dapat mencegah penyebaran lebih lanjut.

Setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD), Popova menekankan kesiapan Rusia untuk menangani ancaman kesehatan tersebut.

Meski penyakit virus langka tersebut kembali muncul di sejumlah negara sejak Mei 2022, Rusia tetap yakin pada kemampuannya untuk mengatasi situasi tersebut secara efektif.


Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: PM Pakistan instruksikan langkah ketat kendalikan penyebaran mpox
​​​​​​​
Baca juga: Malaysia memantau pintu masuk internasional antisipasi infeksi mpox
Baca juga: Presiden Afsel serukan dukungan internasional tangani mpox di Afrika

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024