Pelantikan ini juga merupakan rotasi dan promosi jabatan di lingkungan Kemenhub...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melantik Subagiyo sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dan diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menhub dalam keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan pejabat yang dilantik merupakan hasil seleksi terbuka yang ketat serta wujud dari komitmen good governance Kementerian Perhubungan.

"Pelantikan ini juga merupakan rotasi dan promosi jabatan di lingkungan Kemenhub, dalam rangka penguatan struktur organisasi dan optimalisasi kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Menhub.

Selain Kepala BPSDMP, Menhub turut pula melantik sejumlah pejabat pimpinan tinggi madya, pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Adapun pejabat pimpinan tinggi madya yang turut dilantik yakni Staf Ahli Bidang Teknologi dan Energi Perhubungan Suharto; Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan Hermanta; dan Staf Ahli Bidang Kawasan dan Lingkungan Perhubungan Djarot Tri Wardhono.

Menhub menuturkan bahwa para pejabat pimpinan tinggi yang dilantik merupakan hasil seleksi terbuka, dan merupakan salah satu perwujudan komitmen good governance di dalam tata kelola Kementerian Perhubungan.

"Proses seleksi dilalui tidak mudah dan melibatkan panitia seleksi serta tim asesor yang independen dan terakhir harus mengikuti tim penilai TPA yang diketuai oleh Presiden,” kata Menhub pula.

Menurut Menhub, pejabat yang dipilih merupakan right man, on the right place, at the right time. Artinya adalah orang-orang pilihan di tempat yang tepat dan waktu yang tepat.

Oleh karena itu, pejabat yang dilantik dapat menjadi insan Perhubungan yang terbaik, dalam menjalankan kewajiban melayani masyarakat.

“Kementerian Perhubungan adalah satu kementerian penting yang mempersatukan Indonesia. Oleh karena itu amanah yang diberikan pada bapak ibu sekalian tidak ringan. Makna ini sebagai suatu tugas, satu amanah dan satu dedikasi bagi negara tercinta,” ujar Menhub pula.

Menhub menyatakan pelantikan yang berlangsung dalam suasana penuh semangat, mengingat bulan Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia.

Ia menyampaikan terima kasih dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seluruh jajaran Kemenhub, yang baru saja sukses mendukung penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lebih lanjut, Menhub menuturkan bahwa bulan Agustus menjadi momen istimewa tidak hanya karena memperingati Hari Kemerdekaan, tetapi juga karena perpindahan ibu kota ke IKN. Kegiatan di IKN telah dimulai dan ditandai pada tanggal 17 Agustus.

"Saya ingin menyampaikan Bapak Presiden secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, karena sudah memberikan dukungan pada pelaksanaan upacara di IKN,” kata Menhub.
Baca juga: Pejabat Kemenhub tinjau Terminal Samarinda jelang diresmikan Presiden
Baca juga: Menhub lantik sejumlah pejabat tinggi madya Kemenhub


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024