Sebagai mitra strategis Bank Indonesia, Peruri bangga menjadi bagian dari FERBI 2024. Kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap produk yang kami hasilkan, khususnya uang rupiah sebagai simbol kedaulatan negara
Jakarta (ANTARA) - Perum Peruri mempertegas peran pentingnya dalam menjaga kedaulatan rupiah dan berbagai produk vital milik negara dalam Festival Rupiah Indonesia Berdaulat (FERBI) 2024.

"Sebagai mitra strategis Bank Indonesia, Peruri bangga menjadi bagian dari FERBI 2024. Kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap produk yang kami hasilkan, khususnya uang rupiah sebagai simbol kedaulatan negara," kata Kepala SBU Uang RI Peruri Fadel dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Menurut dia, teknologi keamanan yang digunakan Peruri tidak hanya memastikan keaslian rupiah, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap berbagai produk vital lainnya.

Peruri sebagai mitra strategis Bank Indonesia turut berpartisipasi dalam pameran FERBI 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Istora Senayan, Jakarta pada 16-18 Agustus 2024. FERBI merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta, bangga, dan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap rupiah sebagai simbol kedaulatan negara.

FERBI 2024 mengangkat tema Rupiah, Ambassador of Indonesia, yang bermakna rupiah menjadi cerminan keragaman Indonesia untuk memperteguh persatuan dan nasionalisme. Acara tersebut dirancang untuk menanamkan kecintaan masyarakat terhadap rupiah dengan cara mengenali karakteristik dan desainnya, memperlakukan rupiah secara tepat serta menjaga rupiah dari kejahatan uang palsu.

Dalam pameran FERBI 2024, Peruri tampil sebagai garda terdepan dalam menjaga keaslian dan keamanan rupiah. Sebagai pihak yang ditunjuk untuk mencetak uang rupiah, Peruri memanfaatkan teknologi keamanan terkini guna memastikan bahwa setiap lembar uang rupiah yang beredar di masyarakat tidak dapat dipalsukan.

Hal itu merupakan wujud komitmen Peruri dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional dan kepercayaan masyarakat terhadap mata uang negara.

Selain sebagai pencetak uang rupiah, dalam FERBI 2024, Peruri juga memamerkan produk cetakan lainnya seperti buku paspor, meterai, pita cukai, dan dokumen pertanahan.

Semua produk tersebut dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi untuk melindungi kepentingan negara dari potensi pemalsuan dan kejahatan lainnya. Produk-produk itu menunjukkan peran penting Peruri dalam mendukung berbagai aspek vital pemerintahan dan masyarakat.

Peruri sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki tugas utama dalam mencetak uang rupiah untuk Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2019.

Seiring dengan transformasi yang dijalankan, Peruri saat ini juga telah memiliki layanan bisnis digital security seperti tanda tangan digital, stempel digital dan meterai elektronik.

Kemampuan Peruri menjalankan bisnis digital security juga telah mendapatkan berbagai pengakuan dari berbagai pihak. Yang terakhir, Peruri telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai government technology (GovTech Indonesia) yang telah diberi nama INA Digital berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 dan telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Mei 2024.

INA Digital adalah bagian dari Peruri sebagai Penyelenggara Keterpaduan Ekosistem Layanan Digital Pemerintah Indonesia.

Baca juga: PERURI sediakan Smart Card jamin keamanan transaksi perbankan
Baca juga: Peluncuran GovTech bukti Peruri tingkatkan bisnis di sekuriti digital
Baca juga: Peruri: Logo baru tandakan kesiapan jalani penugasan sebagai GovTech

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024