Jakarta (ANTARA) - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil atau RK mengatakan bahwa dirinya bersama bakal calon wakil gubernur Suswono berkomitmen mempertahankan kinerja baik dari gubernur-gubernur sebelumnya.

“Saya yang pernah pengalaman wali kota, gubernur, yang baik-baik dari gubernur terdahulu, Heru (Heru Budi Hartono), Anies (Anies Baswedan), Ahok (Basuki Tjahaja Purnama), Djarot (Djarot Saiful Hidayat), Jokowi (Joko Widodo), sampai Gubernur Ali Sadikin, yang baik-baik kami pertahankan, kami lanjutkan,” kata RK di Jakarta, Senin.

Selain itu, RK mengatakan bahwa dirinya dan Suswono berkomitmen mengatasi kekurangan dari gubernur-gubernur sebelumnya dengan cara-cara baru.

Ia juga mengatakan bahwa saat pihaknya akan mengatasi tantangan baru, seperti status ibu kota yang berpindah dari Jakarta menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN). Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa nama koalisinya adalah Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju.

“Ini adalah momen bersejarah yang harus dijawab. Tentunya dengan koalisinya sama dengan koalisi pemerintah pusat, siapa yang sangat diuntungkan? Bukan kami berdua, tetapi warga Jakarta,” jelasnya.

Ia menyebut karena koalisi yang sama dengan pemerintah pusat, maka Jakarta nantinya akan berlimpah bantuan maupun dukungan dari pemerintah pusat yang semakin menguntungkan warganya.

Sementara itu, selain dengan bantuan dari pemerintah pusat untuk mengatasi permasalahan warga Jakarta, ia dan Suswono menyediakan program bernama Reimajinasi Jakarta.

“Bagaimana menyelesaikan satu per satu curhatan warga masalah Jakarta? Tentu akan kami tampung, salah satunya dalam kegiatan namanya Reimajinasi Jakarta bersama warga,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 12 partai politik secara resmi menandatangani piagam dukungan untuk mengusung Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024.

Partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

"Pada hari ini, Senin 19 Agustus 2024, kami partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Khusus Jakarta 2024," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani memimpin deklarasi di Jakarta, Senin.

Ahmad Muzani melanjutkan, "Serta siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta periode 2024-2029.

Ridwan Kamil merupakan mantan Gubernur Jawa Barat, sedangkan Suswono merupakan mantan Menteri Pertanian.

Baca juga: Ridwan Kamil minta masyarakat jangan sepelekan Dharma-Kun
Baca juga: Ridwan Kamil miliki visi Jakarta Baru pasca ibu kota pindah ke IKN
Baca juga: Ridwan Kamil siapkan solusi atasi banjir hingga polusi udara Jakarta

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024