Jakarta (ANTARA) - BLACKPINK, girl group fenomenal asal Korea Selatan, baru saja merayakan ulang tahun ke-8 mereka pada 8 Agustus kemarin.

Grup itu pertama kali debut pada 8 Agustus 2016 dengan lagu "BOOMBAYAH" dan "Whistle".

Sejak awal kemunculannya, BLACKPINK langsung menarik perhatian tidak hanya di Korea Selatan, namun, juga secara global. Delapan tahun berkarya BLACKPINK telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi yang membuktikan popularitasnya sebagai ikon girl group yang paling berpengaruh di dunia.

BLACKPINK berada di bawah naungan agensi YG Entertainment, ia terdiri dari empat anggota berbakat, yaitu Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé yang masing-masing memiliki keunikan dan pesona tersendiri.

Mereka tidak hanya sukses sebagai grup, tetapi, juga telah menunjukkan kemampuan mereka dalam karir solo masing-masing. Hal itu memperkuat posisi BLACKPINK sebagai salah satu grup paling berpengaruh dalam sejarah musik K-pop.

BLACKPINK telah merilis beberapa album single, Extended Play (EP) alias album mini, dan album penuh, yang mencerminkan keberhasilan mereka sepanjang karir. Berikut adalah daftar rilisan mereka:

Album Single:
  • "SQUARE ONE" (2016) – Berisi lagu-lagu debut mereka "BOOMBAYAH" dan "Whistle."
  • "SQUARE TWO" (2016) – Memuat lagu-lagu seperti "Playing with Fire" dan "Stay."

Extended Play (EP) atau album mini:
  • "SQUARE UP" (2018) – Termasuk hit seperti "Ddu-Du Ddu-Du," "Forever Young," dan "Really."
  • "KILL THIS LOVE" (2019) – Berisi lagu-lagu populer seperti "Kill This Love," dan "Don't Know What To Do".

Album Penuh:
  • "THE ALBUM" (2020) – Memuat lagu-lagu populer mereka seperti "How You Like That," "Ice Cream" (feat. Selena Gomez), dan title tracknya "Lovesick Girls".
  • "BORN PINK" (2022) – Termasuk hit seperti "Pink Venom," "Shut Down," dan "Typa Girl."

Kesuksesan BLACKPINK juga dibuktikan dengan penampilan mereka di festival musik bergengsi di Amerika Serikat Coachella pada 2019. Selain itu, mereka mencetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang menjadi headline Coachella pada 2023.

Prestasi mereka tidak berhenti sampai di situ, BLACKPINK mendapatkan penghargaan dari berbagai ajang internasional seperti:
  • Entertainer of the year 2022 oleh majalah TIME, yang memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh berpengaruh di berbagai bidang.
  • BEST METAVERSE PERFORMANCE 2022 oleh MTV Video Music Awards EMA Germany. 
  • Worldwide Fans' Choice TOP 10, Best Music Video Award, Best Female Group Award pada 14th Mnet Asian Music Awards 2022
  • Penghargaan Album Main Award, Digital Music Main Award pada 35th Golden Disc Awards 2021
Dengan pencapaian mereka sebagai girl group, BLACKPINK berhasil menjadi ikon K-pop dan membuktikan bahwa mereka adalah salah satu kekuatan terbesar dalam industri musik global.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024