Jakarta (ANTARA) - Bakal Calon Gubernur DKI Ridwan Kamil memiliki visi Jakarta Baru pasca ibu kota Indonesia berpindah dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.
 
"Nama koalisinya sama dengan nama slogannya, yaitu Koalisi Jakarta Baru menuju Jakarta Maju," kata Ridwan Kamil saat ditemui di Hotel Sultan Jakarta, Senin.
 
Ridwan mengatakan hal itu langsung kepada Calon Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka pada deklarasi bersama Suswono dalam menghadapi Pilkada DKI.
 
Dia menjelaskan visi ini bertujuan mewujudkan akan kemana arah Jakarta pasca IKN melalui reimajinasi Jakarta Baru menjadi Jakarta Maju.

Baca juga: Ridwan Kamil siapkan solusi atasi banjir hingga polusi udara Jakarta
 
Diharapkan koalisi ini mampu mencerminkan semangat rekonsiliasi bagi partai-partai yang mungkin berseberangan saat Pemilu hingga akhirnya menyatakan kesepahaman untuk bersatu.
 
"Kami akan kerja keras belajar untuk memberikan sebuah komunikasi politik demi memaksimalkan dalam program visi misi kami lima tahun ke depan," ujarnya.
 
Melalui komunikasi politik, diharapkan mampu menyelesaikan satu per satu keluhan warga terkait masalah Jakarta.
 
Nantinya semua keluhan itu tentu akan ditampung salah satunya dalam kegiatan bertajuk "reimajinasi Jakarta" antara pemerintah bersama warga.

Baca juga: Dapat tiket Pilkada, keputusan Ridwan Kamil masuk Golkar dinilai tepat
 
Sebanyak 12 partai politik secara resmi menandatangani piagam dukungan untuk mengusung Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024.
 
Partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan.
 
Ke-12 partai itu tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang merupakan partai koalisi pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.
 
Pilkada untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota akan diselenggarakan serentak seluruh Indonesia pada 27 November 2024.
Baca juga: Ibu-ibu pakai baju coklat-putih hadiri deklarasi Ridwan Kamil-Suswono

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024