Jakarta (ANTARA) - Pemilik klub Belgia FCV Dender Sihar Sitorus memastikan tidak akan mencampuri urusan menit bermain pemain tim nasional Indonesia Ragnar Oratmangoen di klub miliknya tersebut.

Ragnar secara resmi direkrut oleh Dender pada Rabu (14/8), setelah dilepas oleh klub pemiliknya, Groningen.

Meski Ragnar merupakan pemain Indonesia, Sihar menegaskan bahwa urusan pemilihan pemain untuk tampil di lapangan merupakan wewenang penuh pelatih Vincent Euvard dan para stafnya.

“Ya ini yang kita tunggu dari Ragnar-nya sendiri. Bagaimana dia membawakan pola pikirnya, membawakan diri dia. Tapi saya yakin dengan dia, saya percaya kalau pengalaman dia kan di level satu Belanda. Itu kan sudah cukup banyak, cukup matang. Dia tahu apa yang diharapkan dari seorang profesional,” kata Sihar saat ditemui di Jakarta, Senin sore.

“Jadi bagaimanapun juga kan pelatih akan menggunakan (jasa Ragnar) ini dan kita juga harus menghargai keahlian dia. Dan yang menarik dari mereka cerita, dan kita juga bisa melihatnya sih, bahwa sebenarnya Ragnar itu bisa bermain di beberapa posisi kan. Nah beberapa posisi ini mungkin yang menarik di mata pelatih, sehingga pelatih kan punya taktik segala macam,” tambahnya.

Baca juga: Ragnar Oratmangoen lanjutkan karier di Belgia bersama FC Dender

Saat ditanya kemungkinan Dender merekrut pemain Indonesia lainnya, Sihar mengatakan peluang itu selalu ada, tetapi untuk mewujudkannya kembali kepada tekad dan keberanian para pemain Indonesia untuk mencoba peruntungan di luar negeri.

“Kalau itu kita tidak mungkin menutup kemungkinan tersebut. Yang pasti Liga Belgia itu sangat kompetitif. Kedua, pemain-pemainnya juga kualitasnya bagus. Nah untuk itu kembali lagi ke pemain kitanya juga, seberapa adventurous dia, seberapa nekat dia, menyeberang lautan untuk berkompetisi dengan pemain-pemain lain,” ujar anggota DPR RI dari faksi PDI Perjuangan itu.

Dender saat ini berkompetisi di strata tertinggi Liga Belgia setelah berhasil promosi dari strata kedua pada musim lalu. Mereka telah menjalani empat pertandingan dengan hasil dua kemenangan dan dua kali imbang sehingga berhak menghuni posisi ketiga di klasemen sementara Liga Belgia 2024/2025.

Baca juga: FC Dallas sebut Paes "milik Garuda" setelah pasti perkuat Indonesia
Baca juga: Pelatih Swansea City puji kualitas tim saat Nathan Tjoe-A-On debut


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024