Ini peluang yang harus dimaksimalkan oleh pengusaha
Manado (ANTARA) -
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, maskapai penerbangan AirAsia akan membuka penerbangan Manado-Malaysia per 1 September 2024.
 
"Ini peluang yang harus dimaksimalkan oleh pengusaha," kata Gubernur Olly di Manado, Senin.
 
Setelah penerbangan dari Manado dan transit di Malaysia, maskapai ini akan melanjutkan ke sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Hong Kong.
 
"Kami sangat berterima kasih untuk hal ini," ujarnya.
 
Bahkan, kata dia, pemerintah Jepang sudah mengurangi biaya impor produksi perikanan dari Sulut.
 
"Pemerintah Jepang sedang menolkan biaya impor. Nah peluang ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pengusaha," ujarnya.
 
Menurut dia, saat ini untuk kargo ke sejumlah negara sudah ada apakah itu menggunakan maskapai penerbangan Garuda, Scoot Air ataupun AirAsia. yang akan membuka rute penerbangan.
 
"Itu sudah rutin (kargo Garuda dan Scoot Air), semuanya sudah berjalan. Apa yang sudah kami buat, hendaknya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Gubernur.
 
Gubernur juga optimistis, dibukanya sejumlah penerbangan ke beberapa negara oleh pemerintah saat ini akan memberikan dampak positif bagi daerah Sulut.
 
"Kami juga berharap ke depan, apa yang sudah kami tinggalkan akan diteruskan oleh pemerintahan selanjutnya," kata  Gubernur ke-12 Sulut tersebut.
 
Sebelumnya, di masa pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, berhasil membuka penerbangan langsung ke Narita, Jepang yang membawa hasil perikanan maupun pertanian.

Baca juga: Gubernur: Sulut destinasi "Health Tourism" kawasan timur Indonesia
Baca juga: BI bersih pantai Manado tingkatkan kunjungan wisman

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024