Dunia usaha mendukung stabilitas transisi pemerintahan terpilih agar menjaga iklim usaha yang kondusif sehingga memberikan kepastian bagi para pelaku usaha dan investor
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan pengangkatan menteri, wakil menteri, dan kepala badan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin ini, diperlukan untuk mendukung transisi pemerintahan berjalan dengan baik, lancar dan efektif.

"Dunia usaha mendukung stabilitas transisi pemerintahan terpilih agar menjaga iklim usaha yang kondusif sehingga memberikan kepastian bagi para pelaku usaha dan investor untuk menjalankan roda perekonomian nasional," kata Ketum Kadin Arsjad Rasjid di Jakarta, Senin.

Arsjad mengatakan sebagai organisasi wadah perwakilan dunia usaha, Kadin siap berkolaborasi mendukung para menteri dan kepala badan dalam menjalankan tugas mereka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia mengatakan dengan sinergi dan kerja sama yang kuat antara pemerintah dan dunia usaha, Indonesia akan semakin tangguh dalam menghadapi tantangan global dan terus bergotong royong untuk Indonesia Maju khususnya mencapai pertumbuhan ekonomi delapan persen dan visi Indonesia Emas 2045.

"Kami mengucapkan selamat atas pelantikan Menteri Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Atgas, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/BKPM Rosan Roeslani, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Angga Raka, serta Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi, Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Taruna Ikrar," ujar dia.

Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, melantik sejumlah menteri dan wakil menteri, yakni Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Bahlil Lahadalia yang dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, serta Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga melantik Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor: 94B Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala Badan Gizi Nasional, Keputusan Presiden RI Nomor 93B Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Keputusan Presiden Nomor 115/PPA Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan BPOM.

Pada 20 Oktober 2024, Presiden Jokowi akan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan pemerintahan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.


Baca juga: Rupiah naik usai Presiden Jokowi lakukan reshuffle kabinet
Baca juga: Analis : Dampak ‘reshuffle’ kabinet terhadap pasar saham terbatas

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024