Keterlibatan Kadin dibutuhkan sebagai bentuk sinergi membantu pemerintah Kabupaten Bangka dalam meningkatkan ekonomi
Tanjungpandan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) daerah itu untuk bersama-sama meningkatkan ekonomi daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Keterlibatan Kadin dibutuhkan sebagai bentuk sinergi membantu pemerintah Kabupaten Bangka dalam meningkatkan ekonomi," kata Penjabat Bupati Belitung, Mikron Antariksa usai membuka Musyawarah Kabupaten III Kadin Belitung 2024 di Tanjung Pandan, Senin.

Ia mengakui, permasalahan sektor biji timah menjadi salah satu penyebab kondisi ekonomi masyarakat di Provinsi Bangka Belitung menurun.

"Saya percaya kehadiran Kadin akan membawa kecerahan ekonomi bagi daerah dengan mengelola potensi sumber daya selain di sektor pertambangan biji timah," kata Mikron.

Menurut dia, arah pembangunan Belitung ke depan sudah sangat jelas yakni pariwisata, sehingga segala bentuk usaha di dalamnya harus terus ditingkatkan.

"Misalnya momok atau permasalahan kita adalah soal tiket pesawat maka harapan kami dengan kawan-kawan Kadin bisa menerobos juga ke maskapai-maskapai untuk menambah jumlah penerbangannya ke Belitung," katanya.

Selain itu, Mikron juga berharap agar Kadin Belitung dapat menciptakan dan membuat kegiatan sehingga menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Belitung.

"Karena selain pesawat tersedia, kalau tiba-tiba tidak ada kegiatan susah juga, jadi kami sudah berbicara dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat membawa kegiatan nasional agar diselenggarakan di Belitung, karena secara tidak langsung usaha-usaha di dalamnya seperti pelaku UMKM dapat menikmati itu," ujarnya.

Baca juga: Dayung Jelajah Nusantara promosikan wisata bahari Belitung 
Baca juga: Penambang timah di Belitung beralih profesi budi daya kerapu
Baca juga: Dinas Perikanan Belitung latih masyarakat budi daya kepiting  bakau

 

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024