Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyusuri Sungai Ciliwung di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan dalam rangka memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia 2024.
 
Deputi Baznas RI Bidang Pengumpulan M. Arifin Purwakananta melalui keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan Hari Kemanusiaan Sedunia diperingati untuk para pekerja kemanusiaan di seluruh dunia dalam rangka meningkatkan pemahaman publik tentang kegiatan bantuan kemanusiaan.
 
"Potensi kerelawanan dalam kegiatan kemanusiaan dapat menjadi salah satu cara untuk menghimpun sumber daya dari masyarakat, baik berupa tenaga, keahlian maupun sumber daya keuangan yang dapat digunakan Baznas dalam menjalankan kegiatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di berbagai bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan," katanya.
 
Arifin mengatakan tema Hari Kemanusiaan Sedunia 2024 adalah #BertindakUntukKemanusiaan, yang didedikasikan untuk relawan kemanusiaan di dunia.

Baca juga: Hari Donor Darah Sedunia sebagai wujud gerakan kemanusiaan modern

Baca juga: Hari Palang Merah Sedunia, serba-serbi lembaga kemanusiaan
 
Sehingga, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, menjadi penyemangat untuk terus menjalankan aksi-aksi kemanusiaan.
 
Dalam kegiatan susur sungai ini, Arifin menyebutkan para relawan diberikan penghormatan, penghargaan, serta pengalaman dalam konservasi lingkungan.
 
"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan dapat membangun gerakan kerelawanan dalam mewujudkan Baznas sebagai lembaga utama menyejahterakan umat," ujarnya.
 
Terkait hal tersebut, Tokoh Masyarakat setempat Yudi Haryadiyana yang juga menyambut baik kegiatan tersebut.
 
Menurut Yudi, kegiatan seperti ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat setempat.
 
Dengan adanya program ini, pihaknya berharap Baznas dan masyarakat terus bersinergi dengan menggelar kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung.
 
"Kita mengharapkan ada rutinitas entah triwulan, per semester atau per tahun. Kita sangat terbuka mendukung Baznas," ucap Yudi.*

Baca juga: PMI sebut pandemi momentum kaum muda mengasah jiwa kemanusiaan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024