Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk pertama kali menggelar turnamen internasional WONDR by BNI Indonesia International Challenge 2024 di Pekanbaru, Riau, 20-25 Agustus.

“Kami siap menggelar kejuaraan ini. GOR Gelanggang Remaja sudah bersolek, sudah dipercantik untuk menyambut seluruh atlet berlaga," ujar Ketua Panitia WONDR by BNI Indonesia Armand yang ditunjuk PB PBSI dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan turnamen tersebut juga akan menjadi sejarah bagi Pekanbaru yang pertama kali menjadi tuan rumah turnamen bulu tangkis internasional.

Armand berharap ajang bergengsi itu mampu menjadi inspirasi dan semangat bagi masyarakat Riau terhadap olahraga bulu tangkis dan memunculkan atlet-atlet berbakat yang kelak membela Indonesia di ajang internasional.

"Semoga turnamen ini dapat menyebarkan gairah dan semangat positif kepada masyarakat Riau terhadap olahraga bulu tangkis," ujarnya.

Armand menambahkan, PBSI terus berkomitmen memberikan kesempatan kepada semua provinsi untuk menggelar turnamen berskala internasional seperti Indonesia International Challenge sejak 2022, yang sudah sukses di berbagai daerah seperti Yogyakarta, Malang, Surabaya hingga Medan.

Perwakilan PBSI Provinsi Riau Ahmad Dardiri mengatakan merasa terhormat daerahnya bisa menyelenggarakan turnamen internasional.

Ajang WONDR by BNI Indonesia International Challenge juga didukung penuh penjabat Gubernur Riau S.F Hariyanto yang langsung melakukan beberapa perbaikan arena pertandingan di GOR Gelanggang Remaja.

"Kami akan membantu menyukseskan acara agar ke depannya kota kami kembali mendapatkan kesempatan menggelar ajang internasional sejenis atau naik level di tahun mendatang," ujarnya.

Baca juga: Tim Indonesia maksimalkan latihan hadapi Daihatsu Japan Open 2024

Ia mengajak seluruh masyarakat Riau dan sekitarnya agar datang menyaksikan langsung turnamen tersebut karena merupakan momentum yang langka dan menarik.

Ajang WONDR by BNI Indonesia International Challenge 2024 terselenggara berkat dukungan penuh Bank Negara Indonesia (BNI). Area Head Regional Office 2 BNI Yudhi Darmawan menambahkan, BNI sebagai sponsor dari PBSI mendukung penuh penyelenggaraan ajang baik level nasional maupun internasional.

Melalui ajang itu, BNI juga akan memperkenalkan produk perbankan terbaru untuk pengelolaan keuangan yakni WONDR by BNI yang diharapkan bisa lebih mencakup seluruh elemen masyarakat di tanah air.

Ajang WONDR by BNI Indonesia International Challenge 2024 diikuti 290 pemain dari 18 negara yang akan berlaga di. Negara tersebut adalah India, Taiwan, Jepang, Malaysia, Korea, Thailand, Filipina, Singapura, Prancis, Australia, Sri Lanka, Kanada, Estonia, Inggris, Ukraina, Mexico, Kazakhstan, dan tuan rumah Indonesia.

Indonesia menurunkan 87 pemain dengan beberapa debutan di sektor ganda. Perombakan pasangan dilakukan pelatnas PBSI sebagai bagian dari penyegaran dan strategi. Upaya ini merupakan langkah untuk peningkatan prestasi.

Pasangan debutan itu antara lain, Lanny Tria Mayasari/Rachel Allessya Rose di ganda putri, Amri Syahnawi/Nita Violina Marwah, Marwan Faza/Aisyah Salsabila Putri Pranata, Adnan Maulana/Indah Cahya Sari Jamil, Jafar Hidayatullah/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu di ganda campuran.

Baca juga: Alan-Susy bantu kembangkan bulu tangkis Indonesia lewat alat olahraga
Baca juga: Ratusan atlet adu kemampuan pada PolytronSuperliga Junior 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024