Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta
menilai perombakan kabinet akan mampu memperkuat kinerja pemerintahan Presiden Jokowi di sisa masa jabatan periode 2019-2024. 

Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi yang dihubungi di Jakarta, Senin, juga berharap perombakan (reshuffle) jajaran kabinet bisa mendukung pelaku usaha untuk memperkuat ekonomi, terutamanya terkait pembenahan hukum, tata kelola tambang dan investasi.

"Harapan kami, reshuffle kabinet ini bisa memperkuat kinerja pemerintahan Pak Jokowi sehingga lebih dapat menuntaskan banyak persoalan terkait pembenahan hukum, perbaikan tata kelola tambang dan masalah investasi yang tentunya akan membantu para pelaku usaha dalam implementasinya," katanya.

Diana meyakini, jajaran menteri dan kepala lembaga yang dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin, memiliki kompetensi yang akan membantu Presiden dalam pengambilan keputusan.

"Saya berharap para menteri dan kepala lembaga yang baru dilantik bisa segera bekerja dan mendorong akselerasi sehingga capaian kinerja pemerintahan Pak Jokowi semakin baik lagi," katanya.

Baca juga: PDIP: Supratman gantikan Yasonna bagian dari transisi pemerintahan

Diana juga mengapresiasi dilantiknya Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020 Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggantikan Bahlil Lahadalia.

Bahlil didapuk menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif.

"Kami juga mengapresiasi dipilihnya Pak Rosan Roeslani untuk duduk di kabinet karena beliau orangnya memang memiliki kemampuan dalam hal ekonomi dan investasi," katanya.

Kendati mengagetkan publik, perombakan kabinet yang terjadi di sisa dua bulan masa pemerintahan Jokowi berakhir itu dinilai Diana adalah hak Presiden Jokowi.

"Pergantian para menteri merupakan hak prerogatif Presiden RI. Bapak Presiden tentu memiliki pertimbangan logis sehingga menganggap perlu dilakukan pergantian tersebut," kata Diana.

Baca juga: Supratman yakin 2 bulan cukup untuk selesaikan tugas di Kemenkumham

Presiden Jokowi melantik tujuh pejabat untuk menempati sejumlah posisi di Kabinet Indonesia Maju, yang terdiri dari tiga menteri, satu wakil menteri dan tiga kepala badan.

Yakni Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan Yasonna Laoly, Bahlil Lahadalia yang dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral serta Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Selain itu, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga melantik Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan serta Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional.
Baca juga: Diana Dewi kembali pimpin Kadin DKI Jakarta

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024