Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu menggelar bazar UMKM di Pulau Lancang, Kepulauan Pari, yang bertujuan untuk mempromosikan produk masyarakat setempat.

"Kegiatan bazar ini diikuti 20 pelaku UMKM yang menawarkan produk makanan, minuman, kerajinan serta ada juga gerai pangan murah dari Bulog," kata Kepala Suku Dinas PPKUKM Kepulauan Seribu, Bangun Richard di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, bazar ini diadakan dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang menyediakan produk kebutuhan pokok, mulai dari kuliner hingga produk kerajinan tangan dan gerai pangan murah dari Bulog.

Baca juga: Kepulauan Seribu gelar Bazar UMKM untuk promosikan produk usaha kecil

Menurut dia, kegiatan bazar ini rutin diadakan di pulau-pulau berpenduduk untuk memperkenalkan produk pelaku usaha binaan kepada masyarakat sekaligus mendorong masyarakat agar mencintai produk lokal.

Selain mendorong UMKM setempat, kehadiran Bulog juga memberi akses pasar bagi warga untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

Selain bazar, pihaknya juga menggelar beragam lomba seperti karaoke dan tebak kuis dan hadiah bagi warga yang berbelanja lebih dari Rp 50 ribu .

"Kegiatan ini akan terus berkelanjutan, diadakan di wilayah pulau organisasi lainnya di Kepulauan Seribu," kata dia.

 

Lurah Pulau Pari, Muhammad Adriansyah menyambut baik bazar UMKM yang digelar Suku Dinas (Sudin) PPKUKM Kepulauan Seribu, karena merupakan kegiatan positif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengembangkan UMKM lokal di wilayahnya.

“Warga Pulau Lancang sangat antusias dan mengantre untuk membeli kebutuhan mereka,” kata dia.

Warga Pulau Lancang, Rosmiati merasa senang dan terbantu dengan adanya bazar dan penjualan makanan murah sehingga sangat terjangkau dan lengkap.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa diadakan tiap bulan agar kebutuhan pangan kami bisa tercukupi dengan mudah," kata dia.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024