Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu meningkatkan minat baca anak melalui perlombaan yang melibatkan 100 anak SD dan SMP dalam Hari Anak Membaca (Hanjaba) yang digelar Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat. 

Pelaksanaan kegiatan Hanjaba diikuti 100 orang siswa yang meliputi lomba pidato 20 orang, menggambar mewarnai 20 orang, bertutur 20 orang, baca puisi 20 orang dan komik strip 20 orang.

Menurut Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) UKT 1 Kepulauan Seribu, Windarwati di Jakarta, Senin, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong minat baca dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

Selain itu mengembangkan kreativitas dan ekspresi seni di kalangan anak-anak dan remaja. "Alhamdulillah antusias dan minat siswa cukup tinggi," kata dia.

Baca juga: Jakbar tanamkan budaya literasi kepada anak sekolah lewat "Hanjaba"  

Dia berharap melalui kegiatan yang mengusung tema "Dari Baca Jadi Karya untuk Jakarta" dapat menjadi sarana yang efektif dalam menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis dan imajinasi para peserta.

"Peserta ini diharapkan mampu menyampaikan ide dan gagasan mereka secara efektif dan penuh percaya diri," kata dia.

Selain itu, peserta diharapkan tidak hanya berkompetisi tetapi juga belajar dan menikmati prosesnya sehingga memberikan pengalaman yang berharga dan dapat memotivasi mereka untuk terus berkembang di masa depan.

Kepala UKT 1 Kabupaten Kepulauan Seribu, Agni Kurnia Asdianto mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar kompetisi, tetapi juga sebuah perayaan dari berbagai bentuk ekspresi diri dan kemampuan yang dimiliki oleh para peserta lomba Hanjaba.

Baca juga: Pemkot Jakpus tingkatkan kompetisi dan inovasi anak lewat Hanjaba

Ia menilai setiap peserta yang hadir di sini adalah pemenang sejati karena mereka berani menunjukkan bakat dan keterampilan mereka di hadapan orang banyak. "Saya mengapresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras," katanya.

Diharapkan melalui lomba ini pihaknya dapat terus mendukung dan mengembangkan potensi generasi muda karena mereka adalah harapan bangsa. "Kreativitas mereka adalah kekuatan yang dapat membawa perubahan positif di masa depan," kata dia.

Hanjaba yang digelar Unit Kerja Teknis (UKT) 1 Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Senin digelar di empat lokasi, yaitu Ruang Pola, Plaza Kabupaten, Perpustakaan dan halaman GOR Pulau Pramuka.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024