Jakarta (ANTARA) - Warga Negara Indonesia (WNI) di ibu kota Afrika Selatan, Pretoria, mengenakan pakaian dari berbagai daerah di Tanah Air saat menghadiri Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, akhir pekan lalu.

Upacara yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pretoria itu juga diikuti WNI dari daerah Johannesburg dan Durban, kata KBRI Pretoria dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

 diketahui bahwa penyelenggaraan upacara yang berlangsung di Wisma Duta RI, Pretoria tersebut dihadiri tidak hanya oleh WNI yang berada di Pretoria, melainkan dari daerah Johannesburg dan Durban.

Sekelompok Warga Negara Asing (WNA) seperti Pramuka Afrika Selatan dan 22nd Sea Scout Pretoria juga turut hadir pada upacara yang berlangsung di Wisma Duta RI, Pretoria tersebut.

Duta Besar LBBP RI, Saud Purwanto Krisnawan bertindak sebagai inspektur upacara dan Mayor (CHB) Amarullah sebagai Komandan Upacara yang mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” itu.

Menurut KBRI, para peserta upacara larut dalam suasana hikmat ketika sirene penanda detik-detik proklamasi diperdengarkan dan pasukan pengibar bendera yang beranggotakan Luthfi Satria Wicaksana, Endah Mulyani Putri Ramadanti, dan Dimas Agung Wicaksana membentangkan dan mengibarkan Sang Merah Putih.

Duta Besar LBBP RI Saud Purwanto Krisnawan di sela-sela perayaan HUT Proklamasi menyampaikan bahwa semangat kemerdekaan yang dengan susah payah diperjuangkan para pahlawan harus dipupuk dan dipelihara oleh setiap insan Indonesia dimana pun mereka berada.

“Pelaksanaan upacara dalam rangka peringatan HUT RI ini tentu perlu selalu kita laksanakan. Ini tentu juga untuk memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara yang telah lebih dulu ditanamkan oleh para pahlawan yang berjuang untuk merebut kemerdekaan,” ucapnya.

Saud lebih lanjut menjelaskan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini terasa lebih Istimewa karena pada saat yang sama peringatan juga dilaksanakan di Nusantara, ibu kota baru RI, di Kalimantan Timur.

Lebih khusus di Afrika Selatan, tahun 2024 juga terasa lebih istimewa oleh peringatan 30 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Afrika Selatan, katanya menambahkan.

Peringatan HUT ke-79 RI di Pretoria ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan lomba, seperti Lomba Busana Adat Nusantara, pementasan Pencak Silat dan Tari Saman oleh Warga Afrika Selatan, serta gelaran lomba ketangkasan bagi anak-anak dan dewasa.

Baca juga: KBRI Pretoria ingatkan peran penting pemuda di Kongres III PPI Afsel
Baca juga: 15 perusahaan Indonesia berpartisipasi dalam pameran Africa's Big-7
​​​​​​​


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024