Jakarta (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya melakukan Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk mewujudkan kepatuhan pelaksanaan program pemerintah.
 
"Masih sama dengan metode tahun lalu yaitu wawancara kepada penyelenggara pelayanan, unsur penyelenggara pimpinan bidang dan lain sebagainya," kata Kepala Keasistenan Pencegahan, Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Olvi Lusianti di Jakarta, Senin.
 
Olvi mengatakan penilaian ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan semenjak 2014 oleh Ombudsman yang berkaitan dengan penilaian kepatuhan di unit penyelenggara pelayanan publik.
 
Adapun penilaian ini berlangsung selama tiga hari, mulai 19 hingga 21 Agustus 2024.

Baca juga: Ombudsman RI akan pastikan Pilkada DKI Jakarta bebas malaadministrasi
 
Tahun ini pihaknya juga ingin melihat bagaimana publikasi standar pelayanan secara langsung di unit pelayanan ataupun secara digital di media sosial ataupun pada laman milik masing-masing unit pelayanan.
 
"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, seluruh pelayanan publik khususnya yang ada di DKI Jakarta semakin baik dan mendapat penilaian baik juga dari masyarakat," ujarnya.
 
Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Ali Murthadho mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan terus berbenah dalam melakukan perbaikan pelayanan publik. Salah satunya dalam hal pengelolaan panduan dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.
 
"Adapun tahun ini untuk yang dinilai nantinya ada UP PM-PTSP, Sudin Dukcapil, Sudin Pendidikan Wilayah I, Sudin Sosial, Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru dan Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu," kata Ali.

Baca juga: Ombudsman DKI tinjau pelayanan publik di Rutan Cipinang
 
Ia pun mengajak semua jajaran ASN di Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) untuk terus meningkatkan kinerjanya.
 
"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan semangat baru bagi seluruh OPD agar semakin baik dan mampu memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat," katanyam
 
Kegiatan ini juga turut diserahkan piagam penghargaan hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 kepada Wali Kota Jakarta Selatan, Puskesmas Kecamatan Pancoran, UP PM-PTSP, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan dan Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024