Banjarmasin (ANTARA) -
Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melatih mental, fisik, disiplin (Bintelfisdis) dan bela negara untuk mahasiswa baru tahun 2024.
 
Menurut Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Senin, pihaknya menggandeng Resimen Induk Kodam VI/Mulawarman atau Rindam VI/Mulawarman, Kalimantan Selatan, melatih sebanyak 1.427 mahasiswa baru 2024.
 
Menurut dia, kegiatan yang dipusatkan di tempat TNI di Gunung Kupang Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, tersebut dibagi enam kelompok, yakni tiga kelompok putra dan tiga kelompok putri.
 
"Kegiatan berlangsung dari 19-31 Agustus 2024," ujarnya.

Baca juga: Baznas Kalsel dan Poliban kerja sama kelola potensi zakat

Baca juga: Poliban bersiap jadi tuan rumah ajang IBAC 2024
 
Disampaikan dia, kerjasama Poliban dengan Rindam VI/Mulawarman untuk kegiatan ini berjalan sejak 2019, sejak dirinya jadi Direktur Poliban periode pertama.
 
Diharapkan, kata Joni Riadi, para mahasiswa dan mahasiswinya dapat mengamalkan pembinaan yang diberikan oleh prajurit TNI ini, baik segi mental, disiplin, ketahanan fisik hingga cinta negeri ini.
 
"Saat menjalani pendidikan tinggi di kampus, semua budaya itu bisa dilaksanakan," ujarnya.
 
Sehingga bisa sukses dalam pendidikan, sukses dalam berorganisasi dan sukses dalam meraih cita-cita.
 
Dia menyampaikan, penting bagi generasi muda saat ini, apalagi yang memulai pendidikan tinggi memiliki wawasan tentang bela negara, termasuk empat pilar kebangsaan yang harus dipahami, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
Dia pun menyampaikan apresiasi atas dukungan besar pihak TNI dalam hal ini Rindam VI/Mulawarman yang selalu bersedia mendukung program Bintelfisdis dan bela negara di kampusnya.
 
"Moga semuanya berjalan lancar sebagaimana tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.
 
Sementara itu, Komandan Rindam VI/Mulawarman Kolonel Inf. Win Nindar menyambut baik kepercayaan yang diberikan Poliban bagi kesatuannya untuk memberikan bimbingan mental, fisik, disiplin (Bintelfisdis) dan bela negara bagi mahasiswa baru 2024.
 
Tentunya, pembinaan yang dilaksanakan tidak seperti cara militer.
 
Mahasiswa baru Poliban per kelompoknya dibimbing selama tiga hari, semua dilaksanakan dengan kegembiraan, namun tetap menjunjung kedisplinan sebagai kunci sukses di masa depan.*

Baca juga: Sembilan mahasiswa Poliban lolos beasiswa IISMA 2024 ke luar negeri

Baca juga: Dosen Poliban sabet penghargaan di konferensi ICITCOM 2023

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024