Jakarta (ANTARA) -
Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan audit kinerja Polda Metro Jaya 2024 yang mencakup aspek pelaksanaan dan pengendalian.
 
Tim Audit Kinerja Itwasum Polri 2024 di bawah pimpinan Brigjen Polisi Budi Widjanarko (Irwil III Itwasum Polri) disambut oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Djati Wiyoto Abadhy dan dihadiri oleh Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran Polda Metro Jaya.
 
"Audit ini berlangsung mulai19 hingga 28 Agustus 2024, dengan fokus pada evaluasi kinerja satker, pelaksanaan program kegiatan, realisasi anggaran serta pertanggungjawaban keuangan dalam pengadaan barang/jasa dan PNBP tahun 2024," kata Djati Wiyoto Abadhy dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 
Djati menyebutkan audit juga mencakup evaluasi tindak lanjut hasil audit kinerja tahap I tahun 2024 serta penanganan temuan berulang yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Baca juga: IPW minta Kapolda Metro awasi kinerja bawahannya
 
Djati juga menekankan pentingnya menjaga predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih oleh Polri atas laporan keuangan, dengan terus melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dan penggunaan anggaran yang bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).
 
"Polda Metro Jaya telah melaksanakan berbagai langkah pengawasan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas, termasuk menyosialisasikan DIPA serta menganalisis dan mengevaluasi penyerapan anggaran setiap bulan," katanya.

Selain itu melakukan supervisi dan pengawasan oleh Biro Rena (Perencanaan) dan Bidkeu (Bidang Keuangan).
 
Meskipun demikian, Wakapolda Metro Jaya mengakui adanya keterbatasan dalam kemampuan sumber daya manusia untuk melaksanakan pengendalian internal secara menyeluruh.

Baca juga: Polda Metro terkendala anggaran tangani perkara
 
Karena itu, jika dalam audit masih ditemukan hal-hal yang belum sesuai dengan ketentuan, dia berharap hal tersebut dapat segera dikoordinasikan dengan kepala satuan kerja (kasatker) terkait untuk menemukan solusi yang tepat.
 
Wakapolda Metro Jaya juga menginstruksikan kepada seluruh kasatker untuk mendukung penuh tim Audit Kinerja Itwasum Polri dalam melaksanakan tugasnya serta memberikan masukan secara terbuka terkait masalah-masalah di masing-masing satker.
 
"Harapannya, hal ini akan mempermudah tim audit dalam memberikan solusi yang tepat," katanya.
Baca juga: ICW beri "rapor merah" untuk Polda Metro Jaya

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024