Jakarta (ANTARA) - Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Fattah Yasin-Mujahid Ansori untuk maju di Pilkada Pamekasan 2024.

Rekomendasi tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PBB Muhammad Masduki di Kantor DPP PBB, Jakarta, Senin.

"Kita kan tim pilkada melakukan kajian-kajian, penelusuran-penelusuran yang panjang memang kita tidak terburu-buru di Pamekasan ini, karena Pamekasan punya karakter tersendiri dan itulah pada akhirnya memang mengerucut ke beliau Pak Fattah Yasin beserta pasangannya Pak Mujahid," kata Masduki kepada ANTARA.

Menurutnya, PBB telah melakukan kajian dan penelusuran rekam jejak hingga meminta arahan khusus dari tokoh ulama, seperti Kiai Rofii Baidhowi terkait pasangan calon kepala daerah di Pamekasan.

"Jadi kebetulan arahan beliau sama, sejalan, seirama dengan hasil penelusuran kita, hasil kajian tim kita di DPP. Jadi, ya, sudah hari ini kita resmikan, kita serahkan surat keterangan (SK)," jelasnya.

Dia menilai Fattah merupakan sosok yang berpengalaman di pemerintahan tidak hanya untuk wilayah Pamekasan melainkan Jawa Timur.

Menurutnya, mantan wakil bupati Pamekasan itu juga mendapatkan kesan yang baik dari masyarakat terutama kader PBB.

Sementara itu, bakal calon bupati dari PBB, Fattah Yasin mengungkapkan bahwa dirinya sudah mendapatkan dukungan dari Golkar, PKS, PBB, PKB dan Gerindra.

"Surat tugas yang saya terima dan dalam beberapa hari ini akan diserahkan mereka itu Golkar, yang sudah juga akan turun besok diserahkan PKS. PBB, PKB dan Gerindra (sudah)," ujar Fattah.

Selain itu, dirinya mengaku masih menunggu SK rekomendasi dari PPP, karena melakukan duet bersama Mujahid yang juga merupakan politisi senior PPP di Pilkada Pamekasan 2024.

Adapun SK rekomendasi tersebut belum diberikan lantaran Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek memiliki keinginan untuk maju di Pamekasan.

Fattah menjelaskan Pamekasan memiliki banyak pondok pesantren dan kiai, sehingga dengan menjalin kerja sama bersama PBB, PKB dan PPP akan mendapatkan keberkahan.

"Madura ini unik ketika banyak pondok pesantren, banyak kiai dan itu saya kira ketika PBB, PKB dan maksud kami bersama-sama dengan PPP di mana partai-partai itu di belakangnya banyak alim, banyak ulama, insyaallah berkah kalau didukung oleh partai yang memang di dalamnya ada kiai dan ulama," tuturnya.

Fattah berharap apabila memenangkan Pilkada Pamekasan, dirinya bersama Mujahid dapat melakukan perubahan di berbagai sektor.

Pertama, kebutuhan masyarakat. Dia menuturkan apakah nantinya lebih mengedepankan kesehatan, pendidikan ataupun ekonomi terlebih dahulu.

Lalu, kedua indeks kinerja utama untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat hingga menumbuhkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Mantan wakil bupati Pamekasan itu melihat UMKM memiliki peranan penting, karena pertumbuhan ekonomi sekitar 65 persen berasal dari sektor itu.

"Jadi, kita kebijakan di pemerintah, anggaran untuk UMKM itu harus jadi bagian yang penting dalam rangka menaikkan kelas usaha mikro ke kecil, kecil ke menengah. Bagaimana caranya nanti akan kita fasilitasi dari anggaran pendapatan pemda," pungkas dia.

Baca juga: Partai Bulan Bintang harap perombakan kabinet akan berdampak baik
Baca juga: Gus Miftah ajak warga Jatim kawal Khofifah lanjut gubernur dua periode


 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024