Islamabad (ANTARA) - Setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mpox, yang sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet (monkeypox), sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (Public Health Emergency of International Concern/PHEIC), Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif pada Sabtu (17/8) menginstruksikan langkah-langkah ketat untuk memantau dan mengendalikan penyebaran penyakit itu di negara tersebut.

Dalam pertemuan di Islamabad terkait langkah-langkah melawan penyebaran mpox, Sharif menginstruksikan agar proses skrining di bandara, pelabuhan, dan perbatasan dilakukan secara lebih efektif, menurut kantor PM itu dalam pernyataannya.

Dia meminta Pusat Komando dan Operasi Nasional Pakistan untuk dengan ketat memantau dan meninjau situasi dalam basis harian, tambah pernyataan tersebut.

Sharif meminta otoritas federal untuk mengembangkan koordinasi yang lebih baik dengan pemerintah provinsi guna membendung penyebaran penyakit tersebut, serta memerintahkan mereka untuk memulai kampanye kesadaran yang efektif dan komprehensif.

PM Pakistan itu juga menginstruksikan penyediaan semua peralatan dan perangkat yang diperlukan untuk perawatan dan pengujian kepada otoritas kesehatan, menurut pernyataan tersebut. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024