Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, tengah mengkaji autonomous rail rapid transit (ART) atau yang dikenal dengan trem otonom, sebagai opsi pengganti sistem transportasi massal dalam kota, yang juga diwacanakan di Kota Bogor.

 

Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari di Kota Bogor, Senin, mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah memberikan arahan mengenai transportasi massal kepada kota-kota yang kerap mengalami kemacetan.

 

Dalam arahannya, kata Hery, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah daerah memilih transportasi massal dengan paling efisien dan sesuai kemampuan daerah. Salah satunya ialah teknologi ART senilai Rp75 miliar per unit dengan tiga gerbong.

 

“Kita kaji, karena masih harus dikaji mana yang paling pas dengan karakter infrastruktur Kota Bogor dan kemacetan,” ujarnya.

 

Menurut Hery, jika dibandingkan dengan transportasi perkeretaan massal yang sudah ada, ART yang saat ini sudah hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur ini jauh lebih murah, termasuk pemeliharaannya.

 

“Jadi kalau dibandingkan dengan LRT, MRT, Kereta Cepat, per kilometernya jauh lebih murah termasuk pemeliharaannya,” kata Hery.

 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Marse Hendra Saputra menjelaskan, kereta tanpa rel ini masih menjadi opsi pengganti trem dan sedang dibahas juga bersama Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

 

“Masih menjadi opsi. Kedalamannya masih harus dibahas dan saran masukan dari DJKA, untuk saat ini pihak DJKA masih menyelesaikan dan evaluasi pelaksanaan yang di IKN,” jelasnya.

 

Marse mengatakan, Dishub Kota Bogor belum mengetahui secara detail terkait kelebihan kereta tanpa rel ini dan masih menunggu arahan lebih lanjut dari DJKA Kemenhub.

Baca juga: Pemkot Bogor bahas kembali penyediaan layanan transportasi trem

Baca juga: Kementerian BUMN dukung pembangunan infrastuktur trem Kota Bogor

Sedangkan, kata Marse, pembahasan sistem perkeretaan dalam kota trem yang diwacanakan sejak lama di Kota Bogor juga masih berjalan.

 

“Trem masih berjalan untuk pembahasannya. Kalau kelebihan dari ART kami belum tau juga, masih menunggu arahan dari DJKA Kemenhub,” ucapnya.  

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024