Damaskus (ANTARA) - Amerika Serikat (AS) kembali mengirimkan konvoi senjata, peralatan logistik, dan militer dari Irak ke Suriah timur laut, kata seorang sumber militer Suriah kepada Sputnik pada Minggu (18/8).

"Pasukan AS membawa konvoi militer yang terdiri dari 40 truk dengan peralatan logistik, senjata, amunisi, dan tangki bahan bakar dari Irak ke (provinsi) Al Hasakah (Suriah) melalui lintasan perbatasan Al Waleed," kata sumber tersebut.

Pada Sabtu (17/8), sebuah sumber mengungkapkan bahwa konvoi yang terdiri dari 43 truk telah memasuki Al Hasakah dan menuju ke pangkalan militer AS di wilayah tersebut.

Sebelumnya pada awal Agustus, sebuah sumber Suriah mengatakan kepada Sputnik bahwa militer AS di bagian utara Suriah telah meningkatkan latihan, secara intensif membawa kendaraan dan peralatan baru serta memperkuat pangkalannya dengan menara pengamatan dan sistem pertahanan udara.

Sejak eskalasi konflik di Jalur Gaza pada Oktober 2023, pasukan AS dan koalisi di Irak dan Suriah telah berulang kali diserang oleh rudal dan drone, dengan kelompok-kelompok bersenjata Perlawanan Islam di Irak mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Serangan-serangan terhadap pangkalan tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggapan atas tindakan tentara Israel di Gaza dan dukungan Washington terhadap mereka, menurut pernyataan dari kelompok-kelompok bersenjata tersebut.

Sumber: Sputnik

Baca juga: 22 tentara AS terluka dalam kecelakaan helikopter di Suriah
Baca juga: AS umumkan pembatasan visa baru untuk pejabat Suriah yang langgar HAM


Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024