Jakarta (ANTARA) -
Tema "Discover a New You" menjadi jargon yang ingin dikampanyekan dalam ajang lomba lari internasional Maybank Marathon di Bali United Training Center Gianyar, Bali, pada Minggu (25/8).
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin, Project Director Maybank Marathon Widya Permana, membeberkan tema tersebut dibuat, guna menyuarakan seruan kepada peserta lari untuk menemukan potensi diri, mengingat mereka akan berpartisipasi pada event elite label road race pertama dan satu-satunya di Indonesia, sehingga membutuhkan keseriusan dan komitmen penuh dalam menghadapi tantangan di setiap kategori lari yang dipilih.
 
"Kami berharap melalui seruan Discover a New You ini, para peserta dapat bertransformasi dalam menggapai prestasi yang lebih baik di Maybank Marathon 2024," kata Widya.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, kegiatan itu telah konsisten digelar oleh perusahaannya, sehingga kegiatan nanti merupakan yang ke-13 kalinya diselenggarakan dengan melibatkan ribuan pelari.
 
Tahun ini, Maybank Marathon diikuti oleh lebih dari 12.700 peserta dengan peningkatan peserta pada kategori Marathon sebanyak 17 persen, menjadi 3.400 orang dan membuat ajang lomba lari itu menjadi yang terbanyak dibanding event serupa lainnya di Indonesia.

Baca juga: Bali United jadi lokasi baru ajang Maybank Marathon 2024
 
Ia menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, agenda itu memperlombakan sejumlah kategori, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10K (10 km), serta kategori children sprint dan wheelchair, dengan hadiah total sebanyak Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang.
 
Selain itu, tambah Widya, ajang itu juga menggelar Indonesia Fast Runner, yang merupakan kategori untuk pelari maraton yang mampu memenuhi qualifying time, untuk kemudian diberangkatkan ke Boston Marathon di Amerika Serikat pada 2025, yang meliputi dua pelari pria dan dua pelari wanita.
 
Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan, lanjut dia, penyelenggara telah mempersiapkan aspek teknis dengan pemilihan lokasi baru, maupun dari aspek lomba, tema dan rangkaian kegiatan.
 
Terdapat 13 inisiatif sustainability atau keberlanjutan yang akan dilakukan, di antaranya penanaman mangrove di Taman Arboretum Benoa, peresmian proyek pengelolaan sampah organik eco-village di Gianyar, reusable silicon cup, hingga charging station bertenaga surya.
 
Ditambah, pelari juga bisa berlari sambil berdonasi melalui program Run for Charity. Donasi yang dikumpulkan akan disalurkan kepada penerima manfaat melalui mitra Maybank Marathon.

Baca juga: Dua pelari Kenya pecahkan rekor di Maybank Marathon 2023
 
Jelang perhelatan, panitia telah menyiapkan 12 atlet elit internasional (enam pria & enam wanita) yang disyaratkan oleh federasi olahraga atletik dunia atau World Athletics untuk event label Elite dan 10 atlet lari nasional (lima pria & lima wanita), sebagai wujud partisipasi dalam memajukan cabang olahraga lari.
 
Widya mengatakan, dari sisi rute, penyelenggara telah melakukan sertifikasi oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) yang merupakan mitra World Athletics, serta stakeholder terkait lainnya.
 
"Dengan seluruh persiapan ini, kami siap menyambut para peserta lari mulai hari pertama race pack collection pada Jumat 23 Agustus mendatang," ujar dia.

Baca juga: 40 Peserta nomor kursi roda jajal Maybank Marathon di Bali

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024