Depok (ANTARA) - Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang revitalisasi legenda ke Sastra Digital di Waikabubak, Sumba Barat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh para pengajar dan mahasiswa yaitu Hendra Kaprisma, Diah Kartini Lasman, Suma Riella Rusdiarti, Sadina Aimee Prasetya, Joanna Abigail, Cut Zahara, Naura Nevitha, dan Najwa Sihombing.

“Tahun ini, kami akan berfokus pada digitalisasi sastra lisan yang ada di NTT, dengan menggunakan satu kisah yang akan dijadikan model untuk didigitalisasi," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr Hendra Kaprisma, dalam keterangannya, Senin.

Ia mengatakan kisah yang diambil adalah kisah Lingu Lango, legenda seorang wanita bangsawan dari Lamboya yang dikenal karena keberanian dan kecerdasannya dalam melawan 36 perampok yang mengancam kampungnya.

"Kisah Lingu Lango akan dikembangkan menjadi komik dwi bahasa, sehingga bisa lebih mudah untuk dinikmati dan dipahami, terutama bagi generasi muda," katanya.

Kami bekerja sama dengan Rumah Seni Wanno, program kerja sama lanjutan dengan Dinas Pariwisata Sumba Barat untuk membuat Festival Budaya Sumba bertajuk, “Legenda, Sastra, dan Revitalisasi.”

Dr Suma Riella Rusdiarti mengatakan festival ini akan mengadakan pameran kain tenun, pagelaran budaya Sumba, dan pameran kampung adat Sumba dalam bentuk digital. Penggunaan teknologi digital diharapkan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memastikan warisan budaya ini tidak hilang termakan zaman.

Sedangkan Diah Kartini Lasman menambahkan festival ini adalah langkah nyata memberdayakan masyarakat Sumba Barat, dalam meningkatkan kualitas produk lokal, serta memperkenalkan kekayaan budaya Sumba ke kancah internasional. diangkatnya kisah Lingu Lango dapat membawa pesan isu kesetaraan gender mengenai ketangguhan perempuan dalam menghadapi budaya patriarki.

Pengabdian masyarakat FIB UI ini bertajuk “Revitalisasi Budaya dalam Komik Legenda Sumba Pasola, yang berlangsung semenjak Juli 2024 hingga Desember 2024.

Baca juga: FIB UI perluas informasi keharmonisan melalui Festival Perahu Naga
Baca juga: Bakul Budaya FIB UI gelar sedekah hutan ajak lestarikan lingkungan
Baca juga: UI sukses gelar festival dan jelajah Budaya Sumba

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024