Geladak kapal Deep Sea No.1 (ANTARA) - Kapal selam laut dalam berawak China, Jiaolong, pada Minggu (18/8) merampungkan penyelaman ke-300 sejak misi perdananya pada Agustus 2009..

Jiaolong, dengan kru yang terdiri dari seorang ilmuwan dan dua petugas kapal selam (submariner), melakukan penyelaman di Samudra Pasifik Barat. Penyelaman tersebut merupakan penyelaman pertama dari 18 penyelaman yang direncanakan dalam ekspedisi ilmiah yang sedang berlangsung.

Kapal selam tersebut diangkut oleh kapal riset Deep Sea No. 1 milik China, yang membawa para ilmuwan China dan asing dan berangkat dari Qingdao di Provinsi Shandong, China timur, pada 10 Agustus.

Selama ekspedisi 45 hari ke Samudra Pasifik Barat, Jiaolong dijadwalkan untuk mengumpulkan organisme laut dalam, air laut, dan sedimen, yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman kita tentang ekosistem dan lingkungan yang unik dari gunung laut.

Sejak 2009, Jiaolong telah menjelajahi perairan di Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Samudra Atlantik, dengan total 900 perjalanan ke laut dalam.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024