Semua hewan yang kami vaksinasi itu merupakan jenis yang masuk dalam kategori hewan penular rabies. Vaksinasi kami lakukan kepada hewan-hewan peliharaan atau hewan liar
Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat,  melalui Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan vaksinasi terhadap 1.547 hewan penular rabies jenis kucing dan anjing.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta Ida Hamidah di Purwakarta, Senin menyampaikan sepanjang Januari-Agustus tahun ini pihaknya telah melakukan vaksinasi rabies 1.547 kucing dan anjing.

Ia mengatakan jumlah hewan yang divaksinasi pada tahun ini akan terus bertambah, mengingat target vaksinasi rabies tahun 2024 di Purwakarta sebanyak 2.647 kucing dan anjing.

Menurut dia, ribuan kucing dan anjing peliharaan maupun liar di Purwakarta divaksinasi rabies. Langkah itu ditempuh untuk mencegah penularan penyakit tersebut kepada manusia.

Baca juga: Pemkab Purwakarta Waspadai Penularan Rabies

Selain kucing dan anjing, lanjutnya, vaksinasi rabies juga dilakukan terhadap monyet dan musang.

"Semua hewan yang kami vaksinasi itu merupakan jenis yang masuk dalam kategori hewan penular rabies. Vaksinasi kami lakukan kepada hewan-hewan peliharaan atau hewan liar," katanya.

Catatan Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, dalam empat tahun terakhir pihaknya telah melakukan vaksinasi hewan-hewan penular rabies sebanyak 8.719 ekor. Rinciannya pada tahun 2021 sebanyak 2.525 ekor, tahun 2022 sebanyak 2.647 ekor, tahun 2023 sebanyak 2.000 ekor.

Sedangkan untuk tahun 2024, sepanjang Januari-Agustus yang sudah divaksinasi mencapai 1.547 ekor. Jumlah itu akan bertambah sesuai angka target vaksinasi rabies tahun 2024 sebanyak 2.647 ekor.

Baca juga: Ratusan kucing peliharaan Kota Mataram divaksin gratis, cegah rabies

"Pemberian vaksin rabies sisa target tahun 2024 akan kembali dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) pada 28 September 2024 nanti. Kami optimistis target itu akan tercapai," kata Ida.

Menurut dia, mayoritas hewan penular rabies yang divaksinasi adalah jenis kucing dan anjing yang jumlahnya mencapai ribuan ekor. Sedangkan hewan jenis monyet dan musang sangat kecil, hanya mencapai puluhan ekor saja.

"Hewan yang kami vaksinasi itu merupakan hewan peliharaan maupun hewan liar yang berkeliaran bebas di sekitar lingkungan pemukiman warga masyarakat. Itu yang menjadi prioritas target vaksinasi, untuk mencegah berjangkitnya rabies di Purwakarta," kata Ida. 

Baca juga: KLB rabies, Dinkes ingatkan pentingnya VAR bagi korban gigitan anjing

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024