Beliau orang yang saya kira bisa meneruskan, orang yang baik, mampu, dan cakap untuk meneruskan menjadi pemimpin di Kementerian Hukum dan HAM.
Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly menyebut Menkumham Supratman Andi Agtas merupakan sosok yang cakap untuk mengisi jabatan tersebut.

"Beliau orang yang saya kira bisa meneruskan, orang yang baik, mampu, dan cakap untuk meneruskan menjadi pemimpin di Kementerian Hukum dan HAM," kata Yasonna di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Senin.

Yasonna mengaku mengenal baik Supratman yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu.

"Hubungan kami sebagai baleg dan kementerian itu ‘kan intens, dalam soal prolegnas (program legislasi nasional), pembahasan undang-undang, dan lain-lain," katanya.

Selama hampir 10 tahun menjabat sebagai Menkumham, Yasonna merasa telah memiliki keterikatan perasaan dengan Kemenkumham. Oleh karena itu, dia ingin institusi tersebut tetap jaya ke depannya.

"Dan saya tadi katakan kepada jajaran, dukung sepenuhnya Pak Menteri yang baru dengan sepenuh hati agar institusi ini menjadi institusi yang baik ke depan," ucap dia.

Baca juga: Yasonna berpamitan kepada jajaran pada upacara Hari Pengayoman
Baca juga: Yasonna ungkap bertemu dengan Jokowi sebelum reshuffle


Lebih lanjut, Yasonna menyebut telah berkomunikasi lewat sambungan telepon dengan Supratman. Dia juga ingin tetap menjalin koordinasi yang baik dengan Supratman jika nantinya ada pertukaran informasi yang dibutuhkan.

"Saya telepon kemarin setelah pertemuan dengan Presiden. Saya bilang, 'Pak Supratman, saya baru bertemu dengan Presiden. Selamat, congratulations.' Dan sebelumnya saya sudah ketemu. Beliau mengatakan 'Terima kasih, Pak Menteri. Mohon kita dapat berkoordinasi', pun nanti kalau saya di DPR tetap koordinasi-koordinasi," ucap Yasonna.

Pada Senin pagi, Yasonna menjadi inspektur upacara Hari Pengayoman Ke-79. Pada kesempatan tersebut, Yasonna juga berpamitan kepada jajarannya di Kemenkumham.

Ia mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kolaborasi segenap insan pengayoman. Dia juga meminta maaf atas ketidaksempurnaan selama menjabat.

Menutup sambutannya, Yasonna mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan pengabdiannya sebagai anggota DPR RI. Dia akan dilantik menjadi anggota dewan pada tanggal 1 Oktober 2024.

"Dalam kapasitas saya sebagai dewan perwakilan rakyat, tentunya saya telah 10 tahun mengabdi di Kemenkumham, saya akan tetap memberi perhatian yang dekat kepada Kemenkumham. All the best, thank you very much (semoga sukses, terima kasih banyak)," ujarnya.

Baca juga: Profil Supratman Andi Agtas, Menkumham pengganti Yasonna Laoly

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024