kopi Indonesia itu lebih ada variannya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengharapkan agar bakal calon gubernur (Bacagub) DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) atau Kang Emil untuk memberi perhatian lebih kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya kopi lokal.

"Mudah-mudahan nanti Calon Gubernur DKI Kang Emil dapat memperhatikan para UMKM khususnya kopi. Selain itu, distributor juga lebih diperhatikan lagi sehingga gerai-gerai kopi kita lebih maju lagi," kata Zita melalui pesan tertulis di Jakarta, Senin.

Menurut dia, RK terkenal di Jawa Barat karena menumbuhkan UMKM dan pengusaha-pengusaha muda, untuk itu ia berharap jika nantinya terpilih sebagai Gubernur Jakarta dapat mendukung para pelaku UMKM.

Zita juga berharap mantan gubernur Jawa Barat itu dapat mendorong anak-anak muda di Jakarta untuk lebih kreatif dalam menumbuhkan UMKM.

"Semoga semua dipermudah. Anak muda yang punya kreatifitas bisa mempunyai akses ke permodalan dan lebih mudah lagi dalam pemasaran," katanya. 

Baca juga: Dharma-Kun mengaku tidak terlibat langsung dalam pengumpulan KTP

Selain itu, Zita menyatakan, dirinya akan berkeliling ke Jakarta untuk mendukung pelaku UMKM khususnya gerai-gerai yang menjual kopi lokal.

Menurut Zita, kopi lokal Indonesia lebih mempunyai cita rasa yang beragam dan itu sangat berbeda dengan kopi dari negara-negara lain.

"Kalau kopi Indonesia itu lebih ada variannya, ada rasa madu, rasa coklat, ada rasa kacang-kacangan. Jadi, kalau di Indonesia ya betul-betul kaya rasa kopinya," katanya.

Putri Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, dirinya akan memborong dagangan para pelaku UMKM kopi lokal yang baru ingin buka sebagai bentuk dukungan kepada mereka. 

“Jadi nanti kita akan keliling UMKM mana saja yang UMKM kopi pada khususnya yang mau buka usaha kopi lokal, undang saya nanti saya borong habis kopinya," ujarnya.

Baca juga: Ridwan Kamil ungkap akan deklarasi Pilkada Jakarta pada Senin malam

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus telah sepakat untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju sebagai bakal calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024.

"KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk pilkada DKI Jakarta," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/8).

Namun, dia belum menyebutkan partai-partai baru dalam KIM Plus selain partai-partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres lalu.

Dia mengatakan bahwa partai-partai "plus" dalam KIM Plus itu akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan.

"Untuk wakilnya (Ridwan Kamil) nanti mungkin sehari dua hari kita akan sampaikan ke media," kata dia.

Baca juga: Survei SMRC, pemilih PKS, PKB, Nasdem pilih Anies di Pilkada Jakarta

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024