Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Muhammad Masduki mengatakan bahwa perombakan kabinet yang dilakukan pada hari ini akan berdampak baik bagi Indonesia di masa yang akan datang.

"Saya berharap saja, PBB berharap reshuffle yang dilakukan hari ini akan berdampak baik ke negara kita di waktu yang akan datang," kata Masduki kepada Antara di Kantor DPP PBB, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan perombakan kabinet ini merupakan bagian dari keputusan politik.

Kendati demikian, dia tak bisa menjelaskan lebih lanjut terkait ukurannya.

Selain itu, Masduki menjelaskan perombakan kabinet ini menunjukkan adanya peralihan ke pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan berjalan mulus.

"Saya kira demikian mulai ada peralihan supaya berjalan smooth nanti pemerintahan yang baru, tidak kaget, (karena) tidak belajar, kan sekarang sudah mulai belajar," ujarnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo secara resmi melantik tiga jabatan menteri dan satu wakil menteri Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8).

Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Ketiga menteri yang dilantik yaitu:

1. Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia menggantikan Yasonna H Laoly;

2. Rosan Perkasa Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal menggantikan Bahlil Lahadalia; dan

3. Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menggantikan Arifin Tasrif.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Nezar Patria.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 52/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca juga: Ekonom sebut empat PR Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi baru
Baca juga: Menkominfo ungkap alasan penambahan posisi wakil menteri
Baca juga: Indef nilai menkeu baru krusial capai target penerimaan negara

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024