Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Umum Bidang III Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DKI Jakarta, Ikhwanul Iwan, mengatakan perolehan minimal dua medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara memungkinkan untuk diraih.
 
Ia membeberkan, pengprov yang dipimpin oleh Lexyndo Hakim itu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, sehingga sangat optimistis untuk meraih dua emas dari cabang olahraga bola basket pada PON tahun ini.
 
"Semua program telah dijalani, pelatih dan manajer untuk tim 3X3 dan 5X5 masing-masing putra serta putri juga sudah ditunjuk orang-orang yang berkompeten dan kami tentu ingin menjadi juara umum atau mudah-mudahan minimal dua emas dari empat nomor yang dipertandingkan," kata pria yang kerap disapa Iwan Basket itu saat diwawancarai ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, selain menyangkut teknis, persiapan non teknis juga turut dilakukan oleh pengprov, salah satunya melalui komunikasi intens dan solid antara pengurus dengan staf pelatih dan manajer.

Baca juga: KONI Jakarta targetkan juara umum PON XXI Aceh-Sumatera Utara
 
Begitu juga dengan para atlet yang akan berjuang nanti.
 
"Bahkan selain komunikasi, kalau sekarang saya lihat tim basket DKI Jakarta ini juga banyak disponsori oleh berbagai pihak dan itu andil dari pengurus, khususnya ketua umum yang bergerak gesit memfasilitasi kebutuhan tim basket," ujar pendiri komunitas 3 Dekade Basketball tersebut.
 
Oleh sebab itu, dengan segala kondisi positif yang sudah dipersiapkan itu, hasil yang diraih juga bisa sejalan sesuai yang diharapkan.
 
Ia menambahkan, target dua emas sangat realistis dicapai.
 
"Kalau terkait dari nomor yang mana, biarlah itu jadi target internal kami sendiri," tambah dia.
 
Dalam PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara yang diselenggarakan mulai 8-20 September mendatang, cabang olahraga bola basket akan mempertandingkan empat nomor, yaitu 3X3 putra dan putri, serta 5X5 putra dan putri.
 
Sementara itu, KONI DKI Jakarta menargetkan menjadi juara umum dalam PON tahun ini.
 
Ketua Umum KONI DKI Jakarta Hidayat Humaid menyatakan, jumlah nomor yang dipertandingkan sebanyak 1.042 nomor dalam PON nanti dan Kontingen Jakarta mengikuti 783 nomor pertandingan atau 71,3 persen keikutsertaan.
 
"Target Kontingen DKI Jakarta adalah merebut juara umum dengan total 207 medali emas yang bisa diraih," kata Hidayat saat mengikuti kegiatan pengukuhan dan pelepasan Kontingen DKI Jakarta untuk PON XXI Aceh-Sumut di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Senin.
 
Lebih lanjut dia menyatakan, jumlah kontingen Jakarta sebanyak 1.046 atlet, yang terbagi 489 atlet bertanding di Aceh dan 557 lainnya di Sumut.
 
Sedangkan, untuk pelatih dan asisten pelatih berjumlah 348 orang, manajer 78, serta ofisial tenaga kesehatan 129 yang terdiri dari dokter dan perawat.
 
Jakarta terakhir kali juara umum pada PON Riau XVIII 2012. Pada PON XX Papua yang dilaksanakan 2021, Jakarta menduduki posisi kedua atau runner up dengan memperoleh 111 emas.

Baca juga: Iwan Basket sebut DBT jadi wadah untuk pecinta olahraga bola basket

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024